Mobil Baru Mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Mobil Apa Ya?

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Kamis, 04 Jul 2019 14:15 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Sebuah mobil baru saja mendarat di Bandara Soekarno-Hatta. Mobil itu masih ditutupi dengan cover mobil. Mobil apa ya?

Karena bodinya ditutupi sepenuhnya, hanya sedikit bagian pelek dan bagian samping mobil yang terlihat. Ada semburat warna oranye di balik cover pada bagian samping mobil. Peleknya berpalang 5 dengan 4 lubang. Mungkinkah itu Renault Triber?

Dari lekuk desainnya, mobil itu memang mirip dengan Renault Triber yang baru diluncurkan di India beberapa waktu lalu. CEO PT Maxindo Renault Indonesia Davy J Tuilan beberapa waktu lalu memang menyatakan mobil akan segera meluncur di Indonesia dalam waktu dekat, tepatnya di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada pertengahan Juli mendatang.

Mobil akan memiliki banderol yang cukup terjangkau, kabarnya seharga Rp 100 jutaan. Jadi selain mengiris mobil populer di Indonesia seperti Avanza, mobil juga bisa menjadi pesaing dari mobil Low Cost and Green Car (LCGC) yang lebih murah.

"Kami antusias menyambut kedatangan Renault Triber di Indonesia yang akan diperkenalkan di pameran GIIAS bulan Juli mendatang. Terobosan desain dan fitur Renault Triber akan menjadi standar baru di industri otomotif Indonesia, dan akan menarik minat pelanggan dari berbagai segmen," kata CEO PT Maxindo Renault Indonesia Davy J Tuilan dalam pernyataannya.

Mobil rencananya akan diimpor secara utuh dari India. Renault Triber memiliki 3 baris kursi dengan demikian menjadikan mobil sebagai 7 seater. Uniknya mobil yang diproduksi di Chennai india ini punya panjang kurang dari empat meter.

Meski untuk pasar Indonesia kabarnya akan bermain di segmen LCGC, Renault Triber sudah dilengkapi ruang kabin yang modern, lengkap dengan sistem hiburan layar sentuh 8 inci yang sudah bisa mirroring Apple CarPlay dan Android Auto.

Renault Triber dibekali mesin bensin tiga silinder berkapasitas 1,0 liter yang mampu memberikan daya hingga 72 hp dengan torsi puncak sebesar 96 Nm.



Transmisi yang ditawarkan, transmisi manual lima percepatan dan automated manual transmission (AMT) lima (5) percepatan.

Untuk keamanan, Renault Triber dilengkapi empat airbags dan sabuk pengaman pada semua baris dan dilengkapi retractor dan pretensioner untuk pengemudi. Sensor parkir dan sistem peringatan kecepatan juga sudah dimiliki Triber. (ddn/lth)