Rabu, 03 Jul 2019 12:52 WIB

Sudah Mengaspal Sejak 2006, Ini Sentuhan Perubahan di Toyota Rush

Moch Prima Fauzi - detikOto
Foto: Toyota Foto: Toyota
Jakarta - Segmen mobil sport utlitity vehicle (SUV) diketahui sudah terlihat sejak era 90-an. Jenis mobil yang cukup bongsor ini banyak disukai masyarakat karena mampu melahap segala macam kondisi jalan. Salah satu pemain yang ikut meramaikan pasar kendaraan ini adalah Toyota.

Pada Desember 2006, pabrikan asal Jepang ini meluncurkan Toyota Rush untuk pertama kalinya ke pasar Indonesia. Toyota Rush menggendong mesin 4-silinder 1.500 cc dengan transmisi manual 5-speed, atau otomatis 4-speed. Pilihan model yang tersedia yakni 1.5 G M/T, 1.5 S M/T, dan 1.5 S A/T.

Menjadi pengisi di pasar medium SUV, Toyota Rush sukses diterima konsumen Indonesia. Di tahun peluncurannya, mobil ini sudah mengaspal sebanyak 3.000 unit. Di tahun 2007 jumlahnya meningkat menjadi 30.000 unit. Dalam rentang 2006-2017 jumlahnya sudah mencapai lebih dari 250 ribu unit.

Sudah melaju sejak 2006 lalu, Toyota tentunya menghadirkan banyak perubahan pada tampilan Toyota Rush. Apa saja yang berbeda, berikut ini kiprah Toyota Rush di Indonesia.

2006

Tampil dengan desain yang sporty dan dinamis, serta postur yang tinggi besar membuat tampilannya terlihat gagah. Selain itu, kesan maskulin juga tergambar dari profil bodi yang kokoh dan berwibawa.

Sudah Mengaspal Sejak 2006, Ini Sentuhan Perubahan di Toyota RushFoto: Istimewa/detikForum

Mesin yang digunakan ialah unit 4-silinder 1.500cc. Sementara pilihan transmisi ialah manual 5-speed dan otomatis 4-speed. Untuk pilihan model tersedia1.5 G M/T, 1.5 S M/T, dan 1.5 S A/T.


2009

Di tahun ini, Rush mendapat beberapa penyegaran. Beberapa detail eksterior mendapat sentuhan, di antaranya ornamen baru pada grille dengan bilah melintang di tengah dan rumah foglamp diberi lis mengkilap. Selain itu, terdapat bumper guard depan dan belakang.

2010

Awal tahun 2010, Toyota merilis Rush G otomatis, untuk melengkapi pilihan kepada konsumen. Sementara pada Oktober, Rush kembali mendapat penyegaran, diantaranya grille plastik dengan ornamen bulat dan bergesernya slip melintang dari tengah ke sisi atas grille sebagai penanda utama.

Profil bumper juga turut berubah. Foglamp juga diberikan rumah berlapis krom. Untuk bagian samping, ubahan yang paling terlihat ialah lengkungan di sisi bawah kedua pintu. Pelek yang digunakan juga berganti desain. Untuk bagian belakang, penyegaran terlihat pada lampu belakang bening dan bumper motif baru.


2013

Beberapa penyegaran kembali dilakukan pada Toyota Rush dan menghadirkan varian terbaru yaitu TRD Sportivo. Pada Rush ini, terdapat peningkatan standar kualitas dan keamanan melalui fitur dual SRS airbag pada semua tipenya, fitur pretensioner pada sisi pengemudi dan penumpang, serta indikator pengingat pemakaian sabuk pengaman di semua grade nya.

Pada sisi interior, perubahan dilakukan pada sisi warna yang sebelumnya berwarna grege menjadi dark gray yang meliputi bagian interior, steering wheel, instrument panel, seat fbric, dan door trim. Rush TRD Sportivo menggantikan tipe S yang terdapat sebelumnya. Beberapa pengembangan pada sisi eksterior yang meliputi front bumper spoiler, rear bumper spoiler, TRD Sportivo emblem, dan TRD Sportivo stickers membuat tampilan Rush TRD Sportivo semakin sporty dan dinamis.

2015

Toyota melakukan ubahan yang signifikan pada Rush di tahun ini. Tampilan muka kian modern dan sporti; Lampu utama kini hadir dengan LED dan rumah lampu berwarna hitam menambah kesan mewah. Tak ketinggalan grille dan bumper bawah terlihat semakin segar dan modern.

Desain buritan pun mengalami ubahan, dengan lampu LED serta bumper bawah dan spoiler TRD Sportivo yang stylish. Agar tampilan eksterior senada dengan ubahan modern yang telah dilakukan, pelek alloy pun tampil polished dengan ukuran 16".

Sudah Mengaspal Sejak 2006, Ini Sentuhan Perubahan di Toyota RushFoto: Rangga Rahadiansyah


2016

Pada Februari 2016, Toyota menghadirkan Rush dengan kapasitas 7-penumpang, sesuai dengan survei yang dilakukan terhadap konsumen. Grade TRD Sportivo meningkat menjadi TRD Sportivo Ultimo, tetap dengan pilihan transmisi manual atau otomatis.

Sementara grade yang sebelumnya ditempati TRD Sportivo, menjadi TRD Sportivo 7, juga dengan kapasitas 7 penumpang. Dan bagi konsumen yang menginginkan Rush untuk 5-penumpang dengan kapasitas bagasi memadai, tersedia G Grade.

TRD Sportivo Ultimo mengalami penggantian suspensi depan-belakang (New Shock Absorber dan Coill Spring Dual Rate racikan TRD) untuk memberikan kenyamanan dan performa stabilitas.



All New Rush

Toyota Rush yang tampil dengan konsep "Tough and Dynamic" SUV memberikan karakter gagah dan tangguh dari sebuah Medium SUV. Diharapkan, sebagai real SUV yang modern dan dinamis, Rush terbaru ini dapat meningkatkan emotional value saat bertualang dalam berbagai kondisi jalan di Indonesia.

Lampu utama kini berdesain pipih dengan tambahan LED menyatu secara dengan grille dan bumper yang sporty. Tampilan samping, seolah bukan Rush yang biasa dikenal karena di bawah garis bahu, menunjukkan karakter yang gagah melalui desain yang kokoh serta pelek alloy 17-inci (TRD Sportivo) yang dibalut dengan ban 215/60. Sementara di atas garis bahu menawarkan desain yang dinamis dan ruang yang lega untuk penumpang di kabin.

Selaras dengan desain depan, bagian buritan pun memiliki tampilan yang memukau dengan lampu LED yang mewah dan meninggalkan desain kotak horizontal selaras dengan tren SUV saat ini. Tidak hanya itu, lampu depan dengan teknologi LED reflector ini juga dapat memberikan pencahayaan yang lebih terang dan merata. All New Rush juga hadir dengan fitur Auto Headlamp pada tipe TRD Sportivo.

Sudah Mengaspal Sejak 2006, Ini Sentuhan Perubahan di Toyota RushFoto: Toyota

Konsep desain interior dilengkapi dengan posisi duduk yang ergonomis serta dasbor yang dekat dengan pengemudi dan mudah di jangkau. Pada grade TRD Sportivo, dasbor two-tone ditambahkan sentuhan soft-touch agar lebih mewah dan elegan. Lingkar kemudi pun model baru 3-spoke yang juga memberikan kenyamanan saat digenggam selama perjalanan. Bagi konsumen yang gemar membawa
minuman ke dalam mobil, terdapat 13 cup-holder dari bangku pertama hingga bangku ketiga.

Kini semua grade Rush tersedia dalam 7-seater untuk akomodasi penumpang yang lebih banyak. Pun demikian, ruang bagasi tetap memadai walau bangku ketiga dalam keadaan terbuka. Untuk kemudahan konfigurasi bangku dan ruang di bagasi, baris ke-2 dapat dilipat dengan mudah menggunakan one touch tumble, sedangkan baris ke ke-3 dapat dilipat dengan konfigurasi 50-50.

Di sektor keamanan, semua line-up All News Rush hadir dengan 6-airbag (Driver, Passenger, 2 Side, 2 Curtain), serta Vehicle Stability Control (VSC), yang sebelumnya tersedia pada grade tertinggi Kijang Innova, Fortuner, serta Sienta Q. All New Rush juga dilengkapi dengan 16" ventilated disc brake depan, yang lebih besar dibanding model sebelumnya. Hadir dengan konsep True 7 seater SUV, All New Rush juga dilengkapi dengan 3-point-seatbelts dan headrest untuk 7 penumpang.

Dari performanya, mesin yang digunakan All New Rush masih berkapasitas 1.500 cc, namun kini disematkan teknologi Dual VVT-i untuk memberikan performa memadai dan konsumsi bahan bakar yang optimal. Mesin dengan kode 2NR-VE menghembuskan tenaga 104 ps dan 136 Nm yang mencukupi untuk perjalanan urban serta berpetualang ke luar kota. Sementara Line-up All New Rush hadir dengan 4 pilihan dari 2 Grade; G dan TRD Sportivo, masing-masing bertransmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed.

Sudah Mengaspal Sejak 2006, Ini Sentuhan Perubahan di Toyota Rush


Simak Video "Calya Dipermak, Harga Naik Rp 2 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com