Senin, 01 Jul 2019 17:12 WIB

Avanza Jadi yang Terlaris, LMPV Ini Justru Minim Pembeli

Dina Rayanti - detikOto
Low MPV. Foto: Grandyos Zafna Low MPV. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Mobil-mobil di segmen Low MPV masih mendominasi penjualan di Tanah Air. Mobil di segmen itu memang sangat digemari karena memiliki kapasitas dan juga harga yang sesuai dengan selera orang Indonesia. Di kelas Low MPV, Avanza masih menjadi yang terlaris selama bertahun-tahun.

Padahal Avanza tak sendirian mengisi segmen Low MPV. Avanza memiliki banyak kompetitor seperti Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Mitsubishi Xpander, Nissan Livina, Wuling Confero, dan Suzuki Ertiga. Pesaing terkuat Avanza saat ini adalah Xpander.


Keduanya bersaing berebut menjadi yang terlaris setahun terakhir. Bahkan persaingan masih berlanjut di bulan Mei 2019 seperti dikutip dari data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Avanza berada di tempat pertama dengan distribusi sebesar 7.361 unit sementara Xpander 5.101 unit.

Kalau Avanza-Xpander menjadi yang terlaris, model apa ya yang distribusinya paling minim? Masih mengutip data yang sama, pendatang baru asal China Wuling Confero justru berada di posisi buncit di antara Low MPV lainnya.

Distribusi Confero tak tembus 1.000 unit seperti Low MPV lainnya. Tercatat Wuling hanya mendistribusikan 534 unit Confero bulan kelima tahun 2019.


Di antara para pesaingnya, Wuling Confero merupakan Low MPV termurah. Bahkan harga keseluruhan model Confero secara On The Road Jakarta belum ada yang tembus Rp 200 juta sekalipun varian termahalnya.

Tapi sayangnya harga murah belum bisa menjamin Confero menjadi yang terlaris.

Simak Video "Avanza Veloz Sebangsa Ramaikan Warga Palembang"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com