Orang Indonesia Suka SUV Bermesin Besar

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 28 Jun 2019 09:58 WIB
Peugeot 5008. Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Tangerang - SUV terbaru Peugeot dengan seri 5008 yang baru meluncur di Indonesia mengusung mesin berkapasitas 1.598 cc EP6FDTM turbo bensin. Ada alasan khusus mengapa Astra Peugeot membenamkan mesin berkapasitas bulat 1.600 cc di mobil ini.

"Karena secara 'image', kapasitas cc itu masih penting. Apalagi di mobil sebesar ini," bilang Chief Executive AstraPeugeotRokky Irvayandi, Tangerang Selatan, Kamis (27/6/2019).


"Jadi dari survei kami, ternyata kebanyakan orang Indonesia lebih menginginkan mesin 1.600 cc. Jadi secara fuel consumption irit namun tenaga mesin ini tetap besar," ujar Rokky.

Perlu diketahui, Peugeot memiliki beberapa kapasitas mesin. Mengutip situs Peugeot Perancis, pilihan mesinnya ada 1.200 cc bensin, 1.500 cc diesel, 1.600 cc bensin, dan 2.000 cc diesel.

New Peugeot 5008 sendiri ditawarkan dalam empat warna dengan banderol mencapai Rp 820 juta on the road Jakarta. Mobil SUV ini akan diposisikan di antara SUV buatan Jepang dan Jerman. Sebagai SUV Premium, New Peugeot 5008 juga memiliki deret fitur keamanan lengkap, mulai dari ABS, EBD, EBA dan Electronic Stability Program (ESP). Ditambah fitur ventilated disc with diagonal circuit system pada 2 roda depan dan roda belakang.

Sementara fitur keamanan di bagian dalam, ada fitur sabuk pengaman 3 titik, 6 airbags, pedestrian impact, reinforced safety cage. Tak hanya itu, juga masih ada Electronic Parking Brake yang bisa dioperasikan secara manual maupun otomatis. Dan saat pada posisi otomatis, parking brake akan non aktif saat pedal gas diinjak.


Fitur canggih yang disematkan pada SUV gagah ini antara lain Advanced Grip Control, dan Hill Assist Descent Control, yang membantu kontrol kendaraan saat berjalan di jalur lereng atau bidang curam.

Masih belum cukup, mobil ini juga sudah dibekali paket ADAS atau Advanced Driver Assistance Systems yang meliputi fitur driver attention warning, automatic adaptive headlamp main-beam, speed limit sign recognition and recommendation, dan visiopark 360 derajat with zoom and rear and front parking AID. (lua/dry)