Jumat, 28 Jun 2019 09:35 WIB

Traktor Buas dengan Kecepatan Super

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Traktor. Foto: Screenshot Youtube Traktor. Foto: Screenshot Youtube
Jakarta - Pebalap motor asal Inggris, Guy Martin, telah menetapkan rekor traktor tercepat. Traktor berkelir kuning tersebut bisa dipacu sampai 166,7 km/jam.

Rekor itu sebelumnya pernah dipegang oleh The Stig dari Top Gear yang memacu traktor sampai 140 km/jam. Martin kemudian dengan mudah melampaui batas kecepatan itu dengan menggunakan traktor pertanian Fastrac yang dimodifikasi dari J.C. Bamford (JCB).


Traktor buas itu ditenagai mesin DieselMax enam silinder 7.2 liter. Mesin tersebut memiliki tenaga hingga 1.000 daya kuda dengan torsi maksimal 2.500 Nm.

Williams Advanced Engineering ditugaskan untuk memodifikasi aerodinamika. Dengan aerodinamika yang diperbaiki, traktor ini diharapkan bisa berlari lebih dari 160 km/jam.

"Ini adalah hari yang menyenangkan dengan JCB di Elvington, pekerjaan yang layak dengan beberapa insinyur yang tepat, "kata Guy Martin.


"Kami telah lama memendam mimpi untuk mencoba rekor kecepatan dengan Fastrac dan seluruh tim telah bekerja tanpa lelah untuk mencapai hasil yang luar biasa ini. Saya sangat bangga dengan apa yang telah mereka capai dalam waktu yang singkat," tambah Ketua JCB Lord Bamford.

[Gambas:Youtube]

(rgr/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com