Selasa, 25 Jun 2019 13:33 WIB

Kampanye Keselamatan Ban Bridgestone di Bekasi dan Karawang

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Bridgestone Foto: Bridgestone
Karawang - PT Bridgestone Tire Indonesia (BSIN), anak perusahaan dari produsen ban Bridgestone Corporation, kembali menyelenggarakan gelaran kampanye tahunan Keselamatan Ban (Tire Safety) ke-11.

Kampanye Keselamatan Ban ini diadakan pada 25 April 2019 lalu di sekitar pabrik Ban Bridgestone di Bekasi dan Karawang, Jawa Barat. Bridgestone sengaja memilih lokasi ini agar dekat dengan masyarakat sekitar pabrik Bridgestone.

Penyelenggaraan kampanye Tire Safety tahun 2019 kali ini dilakukan dengan melibatkan karyawan Bridgestone Indonesia yang akan menjadi duta keselamatan bagi masyarakat umum serta dilakukan lebih dekat dengan masyarakat di sekitar pabrik ban Bridgestone, khususnya di Bekasi.



"Pelaksanaan kampanye Tire Safety ini menunjukkan komitmen CSR Bridgestone Group secara global yaitu "Our Way To Serve" yang fokus untuk menunjukkan komitmen kami dalam memberikan mobilitas lebih mudah, lebih selamat, lebih lancar dan tanpa hambatan bagi konsumen dan masyarakat," ujar Presiden Direktur PT Bridgestone Indonesia Akihito Ishii.

Kampanye Keselamatan Ban Bridgestone di Bekasi dan KarawangFoto: Bridgestone


Kampanye Tire Safety Bridgestone telah dianggap sebagai salah satu program kampanye keselamatan berkendara paling sukses di Indonesia dengan pengunjung yang telah mencapai total 18.748 mobil dalam sepuluh tahun terakhir. "Kampanye ini bertujuan untuk mengurangi jumlah angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia, sekaligus menginformasikan betapa pentingnya peranan ban untuk keselamatan berkendara dan mengedukasi pengendara untuk selalu merawat ban dengan baik dan benar termasuk prosedur keselamatannya," tambah Ishii.

Penyelenggaraan kampanye Tire Safety tahun ini fokus pada tiga aktivitas utama yaitu Patroli Keselamatan (Safety Patrol), Pemeriksaan Ban (Tire Check) dan Seminar tentang Keselamatan Berkendara. Patroli Keselamatan merupakan bagian dari kepedulian karyawan terhadap keselamatan berkendara. Pelaksanaan patrol keselamatan ini dilakukan oleh karyawan terpilih yang sebelumnya telah mendapatkan pelatihan keselamatan secara internal. Dilakukan secara rutin dua kali dalam satu bulan, patrol keselamatan melakukan inspeksi terhadap kelengkapan keselamatan pengguna kendaraan bermotor yang memasuki area pabrik.



Sementara untuk pemeriksaan ban dilakukan dengan mengedepankan tiga faktor utama yang mendukung keselamatan berkendara yaitu pemilihan ban yang tepat (Right Tire), tekanan ban yang tepat (Right Inflation Pressure) serta tingkat keausan pemakaian ban yang tepat (Right Tread Wear Depth). Faktor lain yang juga diperiksa dan tidak kalah pentingnya adalah kondisi ban yang tidak rusak (No Crack or Cut) serta permukaan yang tidak rata (No Irregular Wear).

Terakhir, kegiatan terbaru yang dilakukan pada kampanye Tire Safety ini adalah Seminar Keselamatan Berkendara yang disampaikan oleh pihak Kepolisian Republik Indonesia. Diikuti oleh 300 orang yang merupakan karyawan Bridgestone Indonesia dan undangan, seminar ini dilaksanakan di pabrik ban Bridgestone baik di Bekasi maupun Karawang.

Kampanye Keselamatan Ban Bridgestone di Bekasi dan KarawangFoto: Bridgestone


"Edukasi keselamatan berkendara dengan melibatkan seluruh pihak, mulai dari karyawan sebagai duta keselamatan, konsumen pengguna ban Bridgestone, hingga masayarakat umum menjadi salah satu cara kami melayani masyakat dengan kualitas terbaik. Selain itu, kampanye Tire Safety ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan kuat kami terhadap pemerintah untuk terus mensosialisasikan keselamatan berkendara," tutup Ishii. (ddn/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed