Minggu, 23 Jun 2019 16:57 WIB

Vlog Otomotif Jadi Alternatif Informasi Pembelian Kendaraan

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Rizki Pratama Foto: Rizki Pratama
Jakarta - Sebelum membeli mobil tentunya calon pembeli melakukan penjajakan atau mengenal informasi dan spesifikasi mobilnya. Untuk mendapatkan informasi tersebut banyak hal yang bisa dilakukan mulai dari menghubungi sales, membaca ulasan media massa hingga review dari content creator.

Hal ini pun diakui sendiri oleh Toyota Astra Motor (TAM) bahwa cukup banyak pelanggan mereka yang mendapatkan informasi dari konten media sosial mengenai produk tertentu.



"Tak jarang dari survey kami mereka menentukan dan melihat informasi mengenai kendaraan yang akan dibeli melalui media sosial," ujar PR Head TAM, Rouly H. Sijabat dalam acara Rush Creator Gathering yang diadakan detikcom bersama Toyota-Astra Motor di Jetski Cafe, Pluit, Jakarta Utara, Minggu (23/6/2019).

Ngevlog bareng Toyota Rush. Ngevlog bareng Toyota Rush. Foto: Rizki Pratama


Tak bisa dimungkiri juga bahwa para pengulas di media sosial yang mayoritas tidak berbasis jurnalistik mampu menghasilkan uang. Bukan berarti mobil yang mereka ulas atas dasar paksaan atau imbalan dari merek tertentu.



"Mereka membuat konten bukan karena disuruh oleh merek. Mereka membandingkan dan review kendaraan tanpa paksaan, bagusnya apa, kurangnya apa. Mereka menyampaikan value terbaik produk atau kritik," imbuh Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto yang turut hadir dalam kesempatan tersebut.

Tak jarang pula review dari content creator menjadi masukan bagi merek tertentu untuk meningkatkan produk berikutnya.

"Ini juga sumber masukan untuk produk berikutnya. Kita ingin tahu juga apa yang mereka tak suka," lanjut pria yang disapa Suryo ini.

Tonton video Ngevlog Otomotif Ala Motomobi Bareng Toyota Rush:

[Gambas:Video 20detik]

(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com