Senin, 17 Jun 2019 15:46 WIB

Canggih, Ini Fasilitas Produksi Mobil Nasional Vietnam

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Pabrik VinFast Foto: Kham/Reuters Pabrik VinFast Foto: Kham/Reuters
Hai Phong - Mobil nasional Vietnam, VinFast, mulai diproduksi massal. Pabrik mobil nasional Vietnam itu berdiri di kawasan industri Dinh Vu-Cat Hai di Hai Phong.

Mengutip Zinc, pabrik mobil nasional Vietnam itu menerapkan teknologi canggih. Robot yang bekerja secara otomatis dipakai di dalam pabrik dengan standar industri 4.0 tersebut. Sistem produksinya saling terhubung dan mampu beroperasi sendiri sesuai dengan yang sudah diprogram.

Pabrik VinFast ini tak cuma memproduksi mobil, tapi juga termasuk motor listrik. Pabrik ini berdiri di lahan seluas 335 hektar.



Terdapat enam fasilitas di dalam pabrik, yaitu stamping, welding, paint, engine, hingga perakitan atau assembly. Semuanya terhubung terus-menerus dengan ribuan robot pintar dan sistem operasi yang disediakan oleh Siemens dan SAP.

Pabrik ini bisa melahirkan 250.000 unit kendaraan per tahun. Ke depan akan dikembangkan lagi menjadi 500.000 unit mobil per tahun dengan kecepatan produksi 38 unit mobil per jam.

Pekerja di pabrik VinFastPekerja di pabrik VinFast Foto: Kham/Reuters


Fasilitas pengelasan bodi mobil beroperasi secara otomatis dan diklaim paling modern di Asia Tenggara. Robot ABB di fasilitas itu bergerak secara otomatis sepenuhnya sesuai dengan standar industri 4.0.



Pipa baja dengan ukuran dan bentuk yang pas dilas untuk menjadi rangka monocoque. Bagian yang sudah selesai dicetak kemudian dikirim ke fasilitas cat.

Di sana, untuk fasilitas perakitan seluas 200.000 m2 dirancang dan dipasok oleh perusahaan Jerman, Eisenmann, dengan otomatisasi tingkat tinggi.

Untuk mengedepankan kualitas, dengan terus-menerus membandingkan parameter aktual dan parameter standar, gambaran umum status produksi secara cepat mengidentifikasi masalah teknis dan langkah-langkah yang perlu diambil.

Penerapan teknologi 4.0 oleh VinFast di pabriknya membantu peralatan dan part atau seluruh rantai produksi di satu pabrik dihubungkan melalui sensor yang terkoneksi melalui jaringan.

Pabrik mobil VinFastPabrik mobil VinFast Foto: Kham/Reuters


Selain itu, pabrik VinFast adalah fasilitas satu-satunya di Vietnam yang memiliki kemampuan untuk memasang sendiri panel besar, lebih dari 20 pelat dasar untuk setiap mobil. Pabrik itu juga mampu memproses dan membuat mesin di tempat sesuai dengan standar Eropa yang tinggi. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com