Senin, 17 Jun 2019 15:36 WIB

Sudah Siap Naik Taksi Tanpa Sopir Uber/Volvo?

Rizki Pratama - detikOto
Mobil tanpa sopir Uber/Volvo sudah siap produksi Foto: Volvo Mobil tanpa sopir Uber/Volvo sudah siap produksi Foto: Volvo
Los Angeles - Uber sebagai salah satu perusahaan penyedia jasa layanan transportasi online telah melakukan pengujian mobil otonom atau mobil tanpa sopir buatan Volvo dalam beberapa tahun terakhir. Dalam masa pengujian tersebut mobil ini memakan satu korban nyawa saat mobil menabrak warga yang tidak terdeteksi sensor mobil.

Dari pelajaran tersebut teknologi mobil ini telah berkembang pesat hingga akhirnya Volvo berani membuka jalur produksi mobil ini. Teknologi otonom ini merupakan buatan Uber yang dipasangkan pada mobil SUV Volvo XC90.



Mobil ini akan diluncurkan Uber sebagai salah satu kendaraan sistem ridesharing mereka. Sebagai tambahan, Volvo juga menempatkan perangkat sensor di atas atap mobilnya untuk dapat beroperasi dengan aman di lingkungan masyarakat.

"Kami percaya teknologi mobil otonom akan memberikan kita ruang untuk meningkatkan sisi keamanan, fondasi dari perusahaan kami," Ujar Presiden dan Chief Executive Volvo Cars, Hakan Samuelsson di situs resmi Volvo seperti dikutip Senin (17/6/2019).



Samuelsson juga menambahkan dalam waktu satu dekade ini akan membuat lebih banyak mobil otonom dari merek mereka. "Dalam satu dekade ke depan ini kita rencanakan satu dari tiga mobil yang diproduksi adalah mobil otonom," ujarnya.



"Bekerja sama dengan perusahaan seperti Volvo adalah resep utama dalam membangun armada mobil otonom yang aman. Volvo sudah dikenal dengan komitmen mereka terhadap keamanan kendaraan yang menjadi point penting dalam pengembangan mobil otonom," timpal CEO Uber Advanced Technology Group, Eric Meuhofer.


(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed