Senin, 17 Jun 2019 08:45 WIB

Wow! Mobil Datsun Ini Laku Miliaran Rupiah

Ridwan Arifin - detikOto
Datsun Klasik Laku Miliaran Rupiah. Foto: Istimewa Datsun Klasik Laku Miliaran Rupiah. Foto: Istimewa
New York - Mobil klasik Datsun mungkin masih jarang terdengar, harganya pun tidak memiliki patokan. Mobil lawas Datsun 240Z keluaran tahun 1970 ini, misalnya, menjadi salah satu mobil klasik mahal yang harganya tembus USD 124.240 atau sekitar Rp 1,77 miliar.

Mengutip Carscoops, mobil berkelir oranye ini laku melalui pelelangan Bring a Tailer. Lantas mengapa mobil ini begitu mahal, ya?

Memang jauh sebelum nama Datsun dikenal sebagai produsen mobil LCGC di Indonesia, produsen ini sempat mendunia dengan berbagai macam lini produknya di berbagai dunia.



Yap, mobil sport Datsun 240Z merupakan salah satu mobil ikonik dari Jepang. Dikenalkan sejak tahun 1969, mobil ini memberikan gebrakan dan mampu bersaing dengan mobil-mobil Eropa.

Walhasil menjadi buruan para kolektor sebab desain 240Z masih terlihat segar, padahal usianya sudah nyaris setengah abad.

Apalagi lekuk bodi yang seksi selalu menyiratkan kalau mobil ini mampu berlari kencang dan punya nilai keeksotisan layaknya sebuah Alfa Romeo. Lebih terlihat seperti mobil buatan Italia, padahal 240Z lahir dari produsen mobil massal, Jepang.



Untuk mobil yang laku Rp 1,7 miliaran ini adalah contoh keluaran tahun 1970 dan direstorasi pada tahun 1990-an, menerima warna asli oranye seperti baru keluar dari pabrik namun dengan catatan odometer jarak 33 ribu mil atau 53.108 km.

Mobil ini akan ditampilkan di Museum Seni Modern Whitney di New York, Amerika Serikat. Sebelumnya di tahun 1998, sempat ditampilkan oleh mantan Presiden Nissan Amerika Serikat, Yutaka Katayama, ke dalam Hall of Fame Otomotif.

Tak hanya itu, mobil antik tersebut juga digunakan sebagai dasar model diecast Franklin Mint dengan nomor sasis yang sama.

Soal performa, 240Z punya mesin 6 silinder L24 2,4 liter bertenaga 151 hp dan transmisi 4 percepatan pada 5.600 rpm dan torsi 197 Nm. (riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed