Sabtu, 15 Jun 2019 20:06 WIB

Berapa sih Harga Pasang Knalpot Racing untuk Mobil LCGC?

Ridwan Arifin - detikOto
Ilustrasi LCGC Foto: detikOto Ilustrasi LCGC Foto: detikOto
Jakarta - Bagi pecinta otomotif rasanya kurang betah jika memiliki mobil kesayangan tanpa ada sentuhan modifikasi. Salah satu bagian yang bisa dimodif adalah bagian exhaust atau lebih populer disebut dengan nama knalpot.

Hal ini juga berlaku untuk mobil Low Cost Green Car atau mobil irit ramah lingkungan. Menyinggung soal harga kostumisasi knalpot racing, Hein mengatakan tergantung pemilihan bahan yang kemudian disesuaikan dengan budget.



Setiap bengkel memiliki harga masing-masing, untuk kelas LCGC misalnya seperti Ayla, Agya, Calya ataupun Sigra. Hein Knalpot misalnya tak jarang menerima pelanggan mobil LCGC untuk diganti knalpot racing untuk penggunaan harian.

"Kalau kita kasih range harga Rp 650 ribu sampai Rp 900 ribu. Itu sudah termasuk item dan jasa pemasangan, yang Rp 900 ribu itu dua item, muffler dan resonator," kata Hein pemilik bengkel knalpot yang terletak di Jl. Tole Iskandar, Depok, Jawa Barat.

Lanjut Hein, untuk penggunaan harian biasanya hanya tinggal plug and play. Pun demikian proses pengerjaan tidak memakan waktu banyak.

"Untuk harian sama modifikasi ringan, tidak terlalu banyak perubahan dan tidak terlalu banyak makan waktu," ujar Hein.



Namun pria ini menyarankan agar sebelum menentukan pilihan sebaiknya konsultasi dulu dengan ahli knalpot, sepeeti muffler dan resonator yang cocok untuk dipasangkan dengan header.

"Kalau untuk settingan harian, biasanya yang tidak terlalu banyak perubahan hanya resonator dan Muffler belakang saja. Cuma yang sudah mulai modifikasi ringan sudah mulai merubah header sama down pipe," ujar Hein.

"Karena untuk pengguna harian, tidak banyak yang mau dirubah, sesuai budgetnya, dan konsumsi bahan bakarnya tidak berubah banyak paling hanya dua itu sih," jelas Hein. (riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com