Sabtu, 15 Jun 2019 16:05 WIB

Pasang Knalpot Racing Untuk Mobil Harian, Apa Saja yang Diubah?

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Ridwan Arifin/detikOto Foto: Ridwan Arifin/detikOto
Jakarta - Pengaplikasian knalpot racing di dunia balap sudah biasa. Akan tetapi, banyak pula yang mengaplikasikan knalpot racing pada mobilnya meski untuk berkendara sehari-hari.

Tentu ada alasan mereka menggunakannya untuk motor harian, di antaranya penampilan, performa, dan suara. Bengkel knalpot Hein yang terletak di Jl. Tole Iskandar, Depok, Jawa Barat menjelaskan tak jarang banyak juga pelanggannya untuk mengganti knalpot racing dipakai harian.



"Untuk harian sama modifikasi ringan, tidak terlalu banyak perubahan dan tidak terlalu banyak makan waktu," ujar Hein kepada detikcom, Jumat (14/06/2019).

Namun pria ini menyarankan agar sebelum menentukan pilihan sebaiknya konsultasi dulu dengan ahli knalpot, sepeeti muffler dan resonator yang cocok untuk dipasangkan dengan header.

Bengkel Knalpot MobilBengkel Knalpot Mobil Foto: Ridwan Arifin/detikOto


"Kalau untuk settingan harian, biasanya yang tidak terlalu banyak perubahan hanya resonator dan Muffler belakang saja. Cuma yang sudah mulai modifikasi ringan sudah mulai merubah header sama down pipe," ujar Hein.

"Karena untuk pengguna harian, tidak banyak yang mau dirubah, sesuai budgetnya, dan konsumsi bahan bakarnya tidak berubah banyak paling hanya dua itu sih," jelas Hein.



Soal bahan, saran Hein, pilih yang berkualitas karena akan dipakai lama. Misalnya bahan stainless steel yang tak mudah berkarat.

"Biaya paling murah sekitar Rp 250 ribu. Paling mahal yang bahannya stainless itu Rp 1,5 juta. Sudah termasuk jasa pemasangan," kata Hein. (riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed