Jumat, 14 Jun 2019 08:51 WIB

Lamborghini Siapkan Mobil 'Penggaruk Tanah'

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Sant'Agata Bolognese - Isu Lamborghini akan membangun mobil baru dari basis Huracan Evo semakin hangat ke permukaan. Kabarnya pabrikan otomotif asal Italia ini tengah memiliki konsep mobil sportcars namun rasa off-road yang bisa diajak blusukan.

Mencuplik dari Autoevolution, Kamis (13/06/2019) Kepala Staf Teknis Automobili Lamborghini, Maurizio Reggiani mengatakan Steratto bukan tidak mungkin bakal menjadi sportscar yang masuk di jalur produksi Lamborghini.

"Sterrato Huracan menggambarkan komitmen Lamborghini untuk menjadi pembentuk masa depan, mobil sport super dengan kemampuan off-road, Sterrato menunjukkan fleksibilitas Huracan dan membuka pintu bagi tolak ukur lain dalam menggerakkan emosi dan kinerja," kata Reggiani.


Lebih lanjut, karena Sterrato banyak mengambil basis dari Huracan Evo maka soal desain dan performa tidak berbeda secara gamblang.

Seperti mengandalkan mesin V10 berkapsitas 5.200 cc yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 640 dk, dan torsi maksimal hingga 400 Nm. Tenaga tersebut lahir atas perkawinan atas transmisi 7 percepatan dual clutch gearbox LDF (Lamborghini Doppia Frizione), yang mampu digeber hingga 325 km/jam dan akselerasi dari titik 0 hingga 100 km hanya 2,9 detik.

Pun seperti Huracan Evo, mobil konsep Sterrato disematkan LDVI (Lamborghini Dinamica Veicolo Instagra), sebuah sistem yang diprogram ulang untuk mengendalikan ABS, ASR dan ESP bersama dengan pengaturan AWD, vektor torque, damper, dan roda kemudi.


Tentu untuk diajak menggaruk tanah maka ground clearance mobil menjadi perhatian. Dalam laporan Automobile yang menjajalnya di Nardo, disebutkan bahwa ground clearance 4.7 cm lebih tinggi, serta profil ban yang digunakan lebih tebal dan lebar.

Reggiani mengatakan untuk menjalajah Lamborghini sudah memiliki Urus namun Sterrato adalah hal lain yang tengah dikembangkan.

"Gagasan untuk mobil ini lahir di sini di Nardo, di mana kita memiliki ke dua dunia yang bersebelahan. Sementara Urus jelas lebih banyak SUV daripada mobil sport, Sterrato adalah Huracan dengan kemampuan Crossover," kata Reggiani kepada Automobile seperti dilihat detikcom, Kamis (13/09/2019).


Dalam laporan Automobile disebutkan bahwa rencana yang diusulkan, jika benar Sterrato bakal diproduksi sekitar antara 500 dan 1000 unit dengan harga sekitar 270 ribu dollar. Namun untuk tahun pastinya masih dalam pertimbangan. (riar/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com