Kamis, 13 Jun 2019 17:53 WIB

Saat Mobil Jadul Aston Martin Tembus Rp 80 Miliar

Ridwan Arifin - detikOto
Aston Martin DB5 Tahun 1965 Foto: Reuters Aston Martin DB5 Tahun 1965 Foto: Reuters
Jakarta - Mobil ikonik Aston Martin DB5 Tahun 1965 dibuat mirip dengan mobil yang dikendarai oleh agen 007 di Film Goldfinger dan Thunderball dilelang oleh RM Sotheby's pada Agustus mendatang.

Yap, lengkap dengan perlengkapan James Bond seperti seperti penyayat ban, senapan mesin tersembunyi, dan perisai antipeluru. RM Southeby memperkirakan harga kendaraan yang dicat abu-abu itu berharga $ 4 Juta hingga $ 6 Juta (sekitar Rp 80 Miliar).



Mencuplik Carscoops, Kamis (13/06/2019) disebutkan bahwa perlengkapan sebagai agen mata-mata dibuat benar-benar berfungsi seperti rear hydraulics rear, layar anti peluru yang dapat bergerak, radar di dashboard, kursi lontar, hingga plat nomor berputar.

Mobil James BondMobil James Bond Foto: Reuters


Mobil ini sebelumnya mengalami restorasi di Roos Engineering di Swiss. Satu dari 13 fasilitas yang ditunjuk Aston Martin untuk menangani mobil-mobil bersejarah. Selama empat tahun mobil direstorasi, tidak hanya soal perbaikan body dan sasis standar baru dari pabrik, tetapi juga peralatan James Bond sebagai agen mata-mata.

Selain kondisinya yang masih mulus, mobil ini juga sempat dimiliki kalangan terbatas. Hanya tiga orang yang pernah memiliki mobil ini selama lima dekade terakhir.



"DB5 adalah Aston yang spesial, tetapi yang ini memiliki aura tersendiri. Berada dihadapannya itu sangat mengasyikkan. Standar restorasi Roos sangat mengesankan," kata Sejarawan Stephen Archer.

Menyoal performa DB5 diketahui memiliki mesin DOHC Straight-6 4.0L yang sanggup memuntahkan tenaga di angka 282 tk dan torsi maksimal 380 - 390 Nm di 4500 rpm. (riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed