Kamis, 06 Jun 2019 11:07 WIB

Saatnya Mobil Bisa Beri Peringatan kepada Pejalan Kaki Lewat HP

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta -

Sejumlah perusahaan mobil saat ini sedang mengembangkan teknologi Vehicle-to-Vehicle (V2V) dan Vehicle-to-Infrastructure (V2I). Di saat itu Ford sudah mulai mengembangkan teknologi baru yang lebih menarik terkait teknologi Celluler Vehicle-to-Everything (C-V2X).

Meskipun mengakui bahwa adopsi teknologi ini dalam waktu dekat secara global C-V2X adalah tantangan berat, Ford telah menggunakan Intelligent Transportation Society of America yang memungkinkan kendaraan untuk berkomunikasi dengan pengguna jalan lain seperti pejalan kaki, pengendara sepeda dan pengendara e-skuter.


Pada dasarnya teknologi ini diterapkan melalui sebuah kotak yang dapat dipasang di persimpangan. Perangkat ini memungkinkan teknologi nirkabel yang berbeda untuk berbicara satu sama lain. Menurut Ford, unit yang terpasang di pinggir jalan bertindak sebagai "juru bahasa" yang dapat menerjemahkan sinyal dari berbagai teknologi nirkabel seperti Bluetooth dan C-V2X.

Sinyal Bluetooth dari handphone dan gawai lainnya dapat memberi tahu mobil di mana orang berada. Sebagai contoh, seorang pejalan kaki dapat menyeberang jalan sementara smartphone mereka memberi tahu mobil yang sedang melaju di dekatnya untuk berhenti.

Selain teknologi tersebut, Ford mengenalkan teknologi yang memungkinkan kendaraan otonom untuk berbicara dengan mobil lain yang digerakkan manusia. Seperti yang dijelaskan Ford, bagi manusia cukup mudah untuk berkomunikasi dengan lambaian tangan yang sederhana, namun kendaraan otonom tidak dapat melakukan ini.


Akibatnya, insinyur mengembangkan sistem berbasis blockchain yang tidak dapat diubah yang menentukan kendaraan mana yang harus duluan. Dalam sebuah video presentasinya memperlihatkan tiga mobil berada di persimpangan pada waktu yang bersamaan. Sistem menentukan dua kendaraan lain harus menunggu terlebih dahulu dan satu kendaraan lainnya bisa melaju.



(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed