Senin, 03 Jun 2019 04:57 WIB

Bamsoet Perkirakan Tahun Depan Era Motor Listrik di Indonesia Mulai Masuk

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Dunia otomotif Indonesia mulai ada pergerakan yakni ke kendaraan rendah emisi. Hal itu didukung oleh semakin banyaknya produsen terkait yang ingin memperkenalkan motor atau mobil rendah emisinya termasuk listrik.

Sehingga, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) memperkirakan bahwa mulai tahun depan kendaraan listrik bakal populer. Dimulai dari sepeda motor.



"Di Eropa, pada tahun 2030 kendaraan listrik mulai masif. Saya rasa Indonesia juga bisa seperti ini, lihat saja kemarin motor listrik buatan dalam negeri bisa terjual cukup banyak," kata dia di Jakarta.

"Di beberapa kota selain Jakarta juga pemesanannya sudah cukup besar. Jadi saya rasa mulai tahun depan akan tinggi pengguna motor listrik," lanjut Bamsoet.

Dikesempatan berbeda, dirinya juga sempat memaparkan bahwa mobil listrik bisa saja langsung masif di Indonesia. Asalkan para industri berani melangkah lebih lebar.



"Kita siap dengan era kendaraan listrik, Gesits saja sudah siap. Tidak ada kata tidak siap. Mereka ini kan tidak mau kehilangan bisnisnya, saya mengingatkan kepada APM jangan hanya melihat kepentingan bisnis, tapi pikirkan kepentingan ekonomi rakyat dan lingkungan kita," ujar Bamsoet di Kemayoran, Jakarta beberapa waktu lalu.

"Saya sangat mendukung, menurut saya tidak perlu Hybrid tapi langsung ke full listrik. Beberapa negara sudah memulainya dan memberikan insentif yang luar biasa kepada produsen yang membuatnya," ujar Bamsoet.



Simak Juga 'Skuter Listrik GrabWheels Siap Berkeliaran di Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]

(ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com