Minggu, 02 Jun 2019 18:36 WIB

Ban Anti Kempes walaupun Lindas Paku

Rizki Pratama - detikOto
Ban anti kempes. Foto: Popular Mechanic Ban anti kempes. Foto: Popular Mechanic
Jakarta - Sebuah mobil pemotong rumput menggunakan sebuah ban yang tampaknya akan menjadi ban mobil penumpang di masa mendatang. Ban ini tidak perlu diisi dengan angin yang tentunya tidak akan merasakan dampak seperti bocor ban.

Ban ini merupakan buatan Michelin dengan Tweels. Ban ini memiliki dinding yang sangat tipis dengan jari-jari poli-resin fleksibel terhubung langsung ke poros putaran roda. Bisa dikatakan velg dan ban ini tersedia dalam bentuk satu kesatuan.


Saat diuji melintasi benda-benda tajam seperti paku ban ini tidak mengalami masalah sama sekali. Paku-paku memang menancap pada ban tersebut namun kendaraan itu tetap bisa beroperasi seperti tidak terjadi apa-apa.

Selain benda tajam, ban ini juga diuji melintasi bebatuan yang cukup besar. Saat menginjaknya ban ini berubah bentuk karena tekanan lalu kembali bundar seperti biasa. Ini secara bersamaan memiliki kinerja seperti ban berperforma nol-profil atau ban balon off-road dengan tekanan angin 10 psi.


Satu kelemahan Tweels adalah melaju pada rumput tinggi lebat dan belokan tajam.

Michelin sekarang juga membuat Tweels off-road untuk UTV, jenis ban yang lebih ramah rumput untuk mobil golf. Michelin mengatakan bahwa tapak pada Tweel mampu bertahan dua hingga tiga kali lebih lama daripada ban konvensional. Saat ini ban Tweels baru bisa dioperasikan pada kecepatan maksimal 50mpj. (rip/dry)
ban
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed