Minggu, 02 Jun 2019 09:33 WIB

Crash Test

Toyota Avanza Dites Tabrak, Apa Hasilnya?

Dina Rayanti - detikOto
Crash Test Avanza. Foto: Global NCAP Crash Test Avanza. Foto: Global NCAP
Jakarta - Lembaga pemeringkat keselamatan Global NCAP dan asosiasi otomotif Afrika Selatan baru saja merilis hasil uji tabrak Toyota Avanza. Avanza yang dites ini merupakan tipe terendah dengan dua airbag di dalamnya.

Apa hasilnya? Dengan dua airbag di bagian depan dan dites tabrak dengan kecepatan 64 km/jam, Avanza rupanya masih mampu memberikan keamanan kepada penumpang dewasa. Avanza mendapat empat bintang untuk perlindungan dewasa dengan skor 11,57 dari 17. Secara struktur dan area bawah bagian tempat kaki bersandar Avanza dinilai tidak stabil.


Avanza
dinilai belum mampu melindungi penumpang anak. Mobil sejuta umat itu hanya meraih dua bintang dalam proteksi penumpang anak dengan skor 19,83 dari 49.

"Global NCAP cukup mengapresiasi dari hasil empat bintang yang diperoleh dalam uji tabrak terbaru, tapi kami kecewa dengan hasil proteksi untuk anak," jelas Presiden dan CEO Global NCAP David Ward dalam keterangan resminya yang dilihat detikcom, Minggu (2/6/2019).

Melihat modelnya, Avanza dites bukan merupakan produksi 2019. Itu terlihat dari bagian lampu depan yang masih membulat belum mirip Vellfire.


Hasil serupa juga pernah didapat Avanza ketika melakoni uji tabrak yang digelar ASEAN NCAP. Avanza mendapat bintang empat untuk perlindungan orang dewasa dan bintang 2 untuk penumpang anak sama seperti kembarannya Daihatsu Xenia dari ASEAN NCAP.

Avanza merupakan salah satu mobil paling populer di Afrika Selatan. Di sana, Avanza kebanyakan digunakan sebagai angkutan transportasi umum dan kendaraan dinas perkantoran.

[Gambas:Youtube]

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com