Jumat, 31 Mei 2019 10:31 WIB

SUV Sangar dari Amerika Cuma Dapat 1 Bintang saat Diuji Tabrak

Rizki Pratama - detikOto
Jeep Wrangler. Foto: Pool (Autoevolution) Jeep Wrangler. Foto: Pool (Autoevolution)
Jakarta - Jeep Wrangler identik dengan mobil yang digunakan untuk kebutuhan ekstrim atau offroad di medan sulit. Dari tampangnya saja mobil ini tampak sangat maskulin dan tangguh dengan ban besar dan grill yang berotot.

Sayangnya penampilan Jeep yang garang ini tidak sebanding dengan hasil uji tabrak yang dilewatinya. Baru-baru ini Jeep Wrangler mendapatkan hasil uji tabrak dari Australian New Car Assessment Program (ANCAP) dengan satu bintang saja. Sebelumnya mobil ini juga sudah diuji tabrak di Eropa dan mendapatkan hasil yang sama di akhir tahun 2018.


Alasan mobil ini hanya mendapatkan satu bintang yang berarti nilai terburuk adalah minimnya perlengkapan keselamatan yang disematkan. Mobil ini tidak memiliki fitur seperti automatic emergency braking dan lane assistance.

Kemampuan keamanan dari Jeep Wrangler sangat terbatas, mobil ini gagal dalam 3 dari 4 aspek penting pengujian. Perlindungan dada adalah perhatian penting untuk pengemudi dan penumpang di belakang, sejumlah fatalitas terjadi dalam tabrakan yang berpotensi menyebabkan cidera kaki, dan berbagai kekurangan fitur keamanan otomatis lainnya," kata Chief Executive ANCAP, James Goodwin menjelaskan alasan Jeep Wrangler tidak layak mendapatkan nilai sempurna.


Jika diturunkan dalam angka, Jeep Wrangler hanya mendapatkan nilai 50 persen untuk keamanan penumpang dewasa, 49 persen di kategori Vulnerable Road User Protection, dan 32 persen untuk Safety Assist.



Tonton juga video Acak-acak Pasar, DFSK Jual SUV Murah:

[Gambas:Video 20detik]

(dry/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com