Rabu, 29 Mei 2019 20:50 WIB

Menerobos Trans Jawa di Masa Mudik Lebaran, Nyaman Pakai SUV?

Ruly Kurniawan - detikOto
Pemudik melintasi Tol Cipali. Foto: Pradita Utama Pemudik melintasi Tol Cipali. Foto: Pradita Utama
Cirebon - Tol Trans Jawa mulai dipadati kendaraan jelang periode mudik lebaran 2019. Bus antar kota dan berbagai jenis mobil pribadi meramaikan jalur dan rest area.

Untungnya pada perjalanan siang tadi, detikcom tidak sempat mengalami kepadatan yang parah. Perjalanan Jakarta-Cirebon dapat ditempuh sekitar 5 jam (1x rest area dan berhenti beberapa kali untuk pengambilan gambar).

Diperkirakan, kepadatan akan terus terjadi khususnya di tiga titik yaitu Cikampek, pintu tol Kalikangkung, dan Kartosuro-Solo. Agar perjalanan nyaman, jenis dan model kendaraan berpengaruh banyak loh detikers.


Jenis mobil yang populer untuk menemani perjalanan mudik adalah MPV, SUV, serta hatchback. Berhubung detikcom mendapat kesempatan menggunakan sebuah SUV 5-penumpang dalam perjalanan di tol Trans Jawa ini, seberapa nyaman sih?

Menggunakan SUV Wuling Almaz, perjalanan di tol Trans Jawa bisa dikatakan lebih nyaman. Apalagi saat melintas di jalur tol Cikampek yang kurang bersahabat.

Sebab, mobil memiliki ground clearance yang lebih tinggi dibanding kendaraan keluarga berjenis MPV pada umumnya. Body roll pun bisa dibilang minim.

Leg room juga dapat dikatakan lebih luas sehingga penumpang tak gampang pegal. Bagian ini juga bisa digunakan untuk menyimpan barang bawaan berukuran kecil-menengah. Hanya saja, kapasitas penumpang sedikit yakni 5-orang dewasa.


Tetapi memang bagi yang tak terbiasa, bodi mobil SUV rata-rata lebih bongsor jadi cukup menyulitkan bila harus salip-menyalip kendaraan.

Perihal dapur pacu dan sistem hiburan sebenarnya tiap SUV berbeda-beda. Namun biasanya mobil seperti ini punya traksi yang lebih besar daripada jenis mobil lainnya.

Wuling Almaz sendiri menggendong mesin 1.500 cc turbo bertenaga maksimal 140 daya kuda dengan torsi maksimal 250 Nm. Tenaga itu disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT 8-Speed Simulated.

Fiturnya pun terbilang lengkap. Yang ditonjolkan dari mobil ini adalah layar hiburan Smart Multimedia layar sentuh 10.4 inci. Layar itu memuat pengaturan AC, berbagai pengaturan kendaraan, akses hiburan, serta Wuling Link, sebuah fitur mirroring yang mengkoneksikan ponsel dengan layar hiburan ini. Di layar itu juga citra kamera 360 akan ditampilkan.


Selain itu, mobil juga sudah mendapat berbagai fitur keselamatan canggih mulai dari Traction Control System (TCS), Auto Vehicle Holding (AVH), Electronic Distribution, Brake Assist, Hill Hold Control, Anti-lock Braking System, Electronic Brake force Distribution, Electronic Stability Control, Tire Pressure Monitoring System, Front & Side Airbag hingga Emergency Stop Signal.

Banyak fitur mewah lainnya juga seperti Cruise Control dan keyless. Selengkapnya nantikan ulasan di detikcom, ya. (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com