Rabu, 29 Mei 2019 15:41 WIB

Dua Bulan Diasapi Wuling Almaz, Honda CR-V Mengaum Lagi

Dina Rayanti - detikOto
Wuling Almaz. Foto: Rifkianto Nugroho Wuling Almaz. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Wuling Almaz menggertak pasar otomotif Indonesia di bulan pertamanya. SUV Almaz yang mengusung mesin 1.500cc turbo itu di bulan perdananya langsung menyalip pesaing utama Honda CR-V turbo. Seperti diketahui Almaz dan CR-V turbo mengusung mesin dengan kapasitas yang sama.

Bulan kedua pun dilalui Almaz dengan mulus. Pada Maret 2019, Almaz masih sanggup mengasapi Honda CR-V. Masuk April 2019, distribusi Almaz masih meningkat.


Terangkum dalam data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) April 2019, Wuling Almaz semakin laris. Jika pada Maret hanya 397 unit Almaz dikirim ke diler-diler Wuling, jumlahnya meningkat pada April menjadi 610 unit.

Meningkatnya distribusi Almaz belum mampu menyaingi pencapaian Honda CR-V turbo di bulan yang sama. Pada bulan keempat tahun 2019, distribusi Honda CR-V turbo mencapai 1.078 unit alias meningkat signifikan dari sebelumnya 257 unit.

Honda CR-V turbo yang sempat tersalip dua bulan oleh Almaz memang cukup pede dengan produknya ini. Meski mengusung mesin dengan spesifikasi yang mirip disertai harga jual lebih murah, Honda menyebut Wuling Almaz bukan ancaman berarti.



Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy menyampaikan konsumen Honda CR-V turbo dan Wuling Almaz berbeda.

"Kalau pembeli kami sudah jelas mereka tidak hanya memikirkan harga saja, tetapi fitur hingga harga jual kembalinya lagi seperti apa. Konsumen kita berbeda segment," jelas Jonfis beberapa waktu lalu. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com