Senin, 27 Mei 2019 16:52 WIB

Tips Tetap Untung Beli Mobil Secara Kredit

Muhammad Idris - detikOto
Foto: detikcom Foto: detikcom
Jakarta - Mobil sudah bukan lagi barang mewah, bahkan sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang. Memiliki kendaraan roda empat juga saat ini semakin mudah, beragam tawaran kredit mobil sangat mudah ditemui. Baik bank ataupun leasing, menawarkan keuntungan seperti keringanan DP, cicilan, hingga suku bunga yang rendah.

Pembelian mobil secara kredit memang jadi pilihan banyak orang. Dengan beragam keuntungan itu, pembelian kendaraan secara kredit lebih banyak menjadi pilihan. Bahkan, pembelian mobil secara tunai di sejumlah dealer, masih bisa dihitung dengan jari.


Kendati demikian, memilih mengambil kredit mobil juga perlu mempertimbangkan banyak hal. Hal pertama yang harus jadi pertimbangan yakni menyesuaikan cicilan dan uang muka dengan kemampuan keuangan yang kita miliki. Banyak orang yang memaksakan diri untuk membeli sebuah mobil idaman di luar kemampuan keuangannya yang imbasnya justru membawa dampak negatif bagi kestabilan keuangan mereka di masa mendatang.

Berikut 4 hal yang perlu dipertimbangkan agar tetap untung saat memilih menyicil kendaraan:

1. Pilih mobil baru atau bekas

Meski mobil bekas, bukan berarti kondisinya kurang gres. Jangan memaksakan membeli mobil baru jika keuangan tak mencukupi. Sejumlah mobil bekas bahkan kondisi fisik maupun dapur mesinnya masih sangat baru karena perawatan yang rutin.

Tak jarang, pembeli juga beruntung bisa menemukan mobil dalam kondisi bekas namun kilometer pemakaiannya masih sangat rendah. Untuk mobil baru, tentu lebih banyak pertimbangan dibandingkan saat memilih mobil bekas.

Mengetahui dengan pasti nilai atau harga pasaran mobil jadi hal yang sangat penting untuk mencegah kita membeli sebuah mobil dengan harga yang terlalu tinggi. Kalau perlu, lakukan survei pada beberapa dealer mobil bekas atau kita juga dapat mengetahui hal ini melalui informasi yang banyak beredar di internet. Hal kedua, tentu harus mengecek langsung kondisi mesin.

2. Kredit lewat leasing atau bank

Kedua pengajuan kredit, baik leasing maupun bank, punya plus minus masing-masing. Mengajukan kredit melalui leasing ini akan membuat Anda mendapatkan kredit dengan lebih cepat dan mudah. Seringkali, pihak leasing aktif menawarkan kredit dengan jemput bola.

Leasing juga membantu menyiapkan kelengkapan dokumen hingga fasilitas jemput bola ke rumah akan Anda dapatkan dari leasing ini. Sehingga pembeli tak perlu bolak-balik ke dealer. Namun, leasing biasanya menawarkan kredit dengan bunga yang lebih tinggi.

Biaya lain yang juga harus Anda tanggung saat pengambilan kredit di leasing adalah biaya fidusia, biaya asuransi dan juga biaya provisi. Bagi Anda yang akan mengambil kredit di bank, suku bunga yang didapat umumnya lebih rendah daripada saat mengambil di leasing. Namun proses yang dilewati cukup rumit. Saat dokumen sudah lengkap, tidak menjamin kredit bisa disetujui pihak bank.

3. Uang muka dan cicilan

Pertimbangan lainnya yaitu besaran uang muka dan cicilan. Pastikan kita memiliki sejumlah dana yang cukup sebagai uang muka, jumlah ini akan sangat berpengaruh pada jumlah cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Meski secara aturan besaran uang muka minimal 25%, pembeli disarankan membayarkan DP lebih besar untuk meringankan cicilan jika memang memiliki dana yang mencukupi. Utang kredit yang kecil tentu saja meringankan cicilan bulanan, hal ini juga akan mempengaruhi bunga cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya.

4. Lakukan simulasi pembelian

Setelah menentukan jenis mobil dan pilihan pembayaran, calon pembeli bisa melakukan simulasi kredit. Simulasi akan membantu pembeli dalam menentukan pilihan akhir dan menyesuaikan kemampuan bayar kita terhadap mobil yang akan dibeli.

Simulasi bisa dilakukan lewat situ pencarian kendaraan Seva.id. Cukup duduk manis, buka browser, lalu kunjungi Seva.id. Simulasi langsung uang muka, pembayaran bulanan, dan tenor kredit sesuai kebutuhan dari kendaraan baru bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Soal informasi produk kendaraan, Anda juga tak perlu khawatir, karena sudah pasti Seva.id akan memberikan yang terbaik. Sebelum melakukan pemesanan, pastinya Anda ingin tahu apa saja fitur dan spesifikasi yang tertanam pada kendaraan tersebut. Karena itu di situs ini dijabarkan secara lengkap fitur dan spesifikasi pada tiap merek, jenis, dan tipe kendaraan secara lengkap.


Bagi yang memang berencana memiliki mobil baru, kebetulan ada program menarik. Detikcom bekerja sama dengan Seva.id memberikan kemudahan memiliki kendaraan roda empat lewat program Berkah Beli Mobil (BBM) yang hanya ada selama Ramadan 2019.

Dengan mengikuti BBM, pembaca bisa mewujudkan impian membeli mobil idaman tanpa uang muka atau DP. Di program ini, Seva.id bahkan menggratiskan DP mobil hingga Rp 50 juta untuk 5 orang pemenang.

Periode promo ini berlaku sejak 14-31 Mei 2019 dan pemenang akan diumumkan pada 18 Juni 2019. Ayo ikuti program BBM untuk mendapatkan mobil impian dengan segala kemudahannya. Segera daftar di sini. (ega/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com