Minggu, 26 Mei 2019 13:09 WIB

Avanza Vs Xpander Produksi Indonesia di Luar Negeri

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Xpander Vs Avanza. Foto: Luthfy Syahban Xpander Vs Avanza. Foto: Luthfy Syahban
Jakarta - Persaingan low MPV yang ramai di Indonesia didominasi oleh Toyota Avanza vs Mitsubishi Xpander. Kedua mobil itu tak hanya dijual di Indonesia. Masing-masing pabrikannya mengirim mobil andalannya ke luar negeri.

Indonesia menjadi basis produksi Xpander dan Avanza. Mobil yang bersaing ketat di pasar low MPV Indonesia itu juga berebut pangsa pasar di berbagai negara.

Selama periode Januari-April 2019, Mitsubishi unggul dari segi angka ekspor terbanyak dari Indonesia. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Mitsubishi Xpander selama periode itu dikapalkan sebanyak 17.640 unit.



Xpander tak hanya mengalahkan Avanza. Toyota Fortuner yang biasanya paling banyak diekspor pun angkanya lebih kecil dibanding Xpander. Untuk pembanding, Fortuner menempati posisi dua ekspor mobil terbanyak di Indonesia dengan angka 14.478 unit.

Penantang Mitsubsihi Xpander, Toyota Avanza lebih sedikit angka ekspornya. Ekspor Avanza yang tercatat di data Gaikindo sepanjang Januari-April 2019 hanya sebanyak 8.109 unit.



Selain Avanza dan Xpander, ada juga low MPV lain yang diekspor, yaitu Suzuki Ertiga. Memang, angka ekspor Ertiga tidak sebesar Xpander dan Avanza. Tapi, selama empat bulang Ertiga sudah dikapalkan ribuan unit ke berbagai negara.

Masih merujuk pada data Gaikindo, ekspor Suzuki Ertiga mencapai 7.353 unit. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com