Sabtu, 25 Mei 2019 15:11 WIB

Biar Bisa Nyicil Mobil, Ini Tips Bijak Gunakan THR

Robi Setiawan - detikOto
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Kebahagiaan mendapat Tunjangan Hari Raya (THR) tak jarang membuat penggunaannya tidak terkontrol atau seenaknya. Padahal jika digunakan dengan bijak, ada banyak yang bisa dilakukan dengan THR. Misalnya saja untuk menyicil mobil impian.

Agar setelah Lebaran uang yang dimiliki tidak habis atau bahkan menambah utang, diperlukan semacam manajemen pengeluaran. Berikut ini beberapa tips bijak menggunakan THR saat Lebaran agar mobil idaman bukan sekadar impian.

Penuhi Dulu Kebutuhan Wajib

Perlu diketahui bahwa pemberian THR di antaranya dimaksudkan untuk memenuhi pengeluaran yang lebih besar dari biasanya pada hari raya. Walau demikian ada baiknya selalu mengutamakan semua kebutuhan wajib sebelum merealisasikan yang 'sunah'.


Beberapa pos pengeluaran yang normal untuk dikeluarkan pada hari raya di antaranya yaitu pengeluaran zakat infak sedekah, kebutuhan makanan dan minuman, pakaian, transportasi dan mudik, serta tagihan-tagihan pada umumnya, seperti listrik, internet, atau air.

Pintar Pilih Promo

Lebaran adalah momen yang identik dengan liburan dan belanja bersama keluarga. Dalam hal bijak menggunakan THR ada baiknya belanja dan liburan tidak sembarangan. Jangan malu untuk memanfaatkan promo atau diskon yang biasanya banyak ditawarkan saat Lebaran.

Tapi tetap, jangan jadikan promo sebagai alasan untuk lebih sering berbelanja dan liburan. Seperti sudah dijelaskan di poin sebelumnya, tetap utamakan kebutuhan yang wajib terlebih dahulu.

Bijak Kelola Uang Sisa

Jika semua kebutuhan wajib sudah terpenuhi, maka sisa dari THR boleh digunakan untuk kebutuhan lainnya. Jika sisanya cukup banyak, THR bisa dialokasikan untuk mencicil barang- barang cukup mahal yang memang dirasa dibutuhkan, misalnya mobil keluarga.

Mobil keluarga bisa jadi alokasi sisa THR. Sebagian orang mungkin menganggap mengalokasikan uang untuk cicilan menjadi sebuah tabungan dalam bentuk investasi barang.


Bagi yang memang berencana memiliki mobil baru, kebetulan ada program menarik. Detikcom bekerja sama dengan Seva.id memberikan kemudahan memiliki kendaraan roda empat lewat program Berkah Beli Mobil (BBM) yang hanya ada selama Ramadan 2019.

Dengan mengikuti BBM, pembaca bisa mewujudkan impian membeli mobil idaman tanpa uang muka atau DP. Di program ini, Seva.id bahkan menggratiskan DP mobil hingga Rp 50 juta untuk 5 orang pemenang.

Periode promo ini berlaku sejak 14-31 Mei 2019 dan pemenang akan diumumkan pada 18 Juni 2019. Ayo ikuti program BBM untuk mendapatkan mobil impian dengan segala kemudahannya. Segera daftar di sini. (prf/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com