Jumat, 24 Mei 2019 07:09 WIB

Meksiko Lelang Mobil Mewah untuk Disumbangkan ke Rakyat Miskin

Ridwan Arifin - detikOto
Lamborghini Sitaan Pemerintah Meksiko yang akan Dilelang. Foto: REUTERS/Carlos Jasso Lamborghini Sitaan Pemerintah Meksiko yang akan Dilelang. Foto: REUTERS/Carlos Jasso
Meksiko - Presiden Andres Manuel Lopez Obrador memperkuat citra man-of-the-people-nya dengan melelang mobil-mobil mewah yang disita dari para penjahat.

Seperti diberitakan Reuters, pemerintah Meksiko akan melelang Lamborghini, rumah dan aset lainnya yang disita dari gangster dan setidaknya satu mantan politisi. Ini merupakan bagian dari program "Robin Hood" yakni mengalihkan jutaan dolar dalam keuntungan yang didapat dengan cara yang tidak benar untuk membantu orang miskin.



Lopez Obrador menjanjikan pemerintahan yang lebih cermat dibanding pendahulunya Enrique Pena Nieto. Salah satu bentuknya mengganti nama agensi pemerintah yang melelang barang-barang yang disita sebagai Lembaga untuk Mengembalikan Barang-Barang curian kepada Rakyat (Institute to Return Stolen Goods to the People).

Lembaga tersebut dikepalai oleh Ricardo Rodriguez, hasil penjualan akan disalurkan ke dua kota di negara bagian Oaxaca Selatan, yang menurut Presiden Andres Manuel Lopez Obrador adalah di antara yang termiskin di negara itu.



"Segala sesuatu yang disita akan diberikan kepada komunitas, di atas semua komunitas miskin di negara ini," kata presiden pada konferensi pers pagi hari Selasa seperti dikutip dari Bloomberg.

Kendaraan yang akan dilelang termasuk Porsche, Corvette, Mercedes-Benz, Mustang convertible, dan Lamborghini Murcielago 2007. Ford Shelby juga siap dijual dengan tawaran awal sebesar 1,2 juta peso ($ 63.000). (riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed