Selasa, 21 Mei 2019 19:47 WIB

Dua Dekade ke Depan, Mobil Bensin Tak Lagi Diminati

Ridwan Arifin - detikOto
Ilustrasi mesin mobil Foto: shutterstock Ilustrasi mesin mobil Foto: shutterstock
Jakarta - Hanya dalam dua dekade dari sekarang, mobil Internal Combustion Engine (ICE) atau berbasis bensin diprediksi tidak lagi menjadi bentuk transportasi paling dominan di dunia.

Pada 2040, sekitar 57 persen penjualan mobil penumpang global akan menjadi kendaraan listrik. Rata-rata, perkiraan menunjukkan bahwa penjualan penumpang EV akan meningkat dari 2 juta di seluruh dunia pada 2018 menjadi 28 juta pada 2030 dan 56 juta pada 2040.



Penjualan kendaraan penumpang konvensional diperkirakan turun menjadi 42 juta pada 2040, dari sekitar 85 juta pada 2018.

Dukungan kebijakan seperti peraturan ekonomi bahan bakar dan mandat kendaraan energi baru China diharapkan untuk menggerakkan pasar EV dalam 5-7 tahun ke depan, ungkap Bloomberg New Electric Finance Outlook 2019 dari Bloomberg New Energy Finance (BNEF).

China tampaknya akan terus memimpin dalam mobil listrik, menyumbang 48 persen dari semua penumpang EV yang dijual pada tahun 2025 dan 26 persen pada tahun 2040 ketika pasar lain mengejar ketinggalan.



Namun, elektrifikasi di pasar negara berkembang masih akan jauh lebih lambat, yang akan menyebabkan pasar mobil global terfragmentasi.

Sementara itu, truk berat akan membuktikan sebagai 'kacang' yang paling sulit untuk ditembus, dengan BNEF memperkirakan penjualan truk berat listrik hanya 19 persen pada tahun 2040.

"Kesimpulan kami sangat tajam untuk penggunaan bahan bakar fosil dalam transportasi jalan. Elektrifikasi masih akan memakan waktu karena armada global berubah perlahan tetapi, begitu bergulir di tahun 2020-an, ia mulai menyebar ke banyak bidang transportasi jalan lain, " kata Head of advance untuk BloombergNEF, Colin McKerracher.

"Kami melihat kemungkinan nyata bahwa penjualan global mobil penumpang konvensional telah melewati puncaknya."

Bersamaan dengan pertumbuhan kendaraan listrik serta layanan berbagi mobil. BNEF menyebut layanan ini menyumbang kurang dari 5 persen dari seluruh jarak penumpang yang ditempuh secara global, tetapi diperkirakan akan meningkat menjadi 19 persen pada tahun 2040.

Ia memprediksi jenis kendaraaan pengankut seperti van dan truk jarak pendek juga akan mengalami perubahan drastis, sebagian besar unit menjadi berlistrik. Pada saat yang sama, bus listrik akan meraih 81 persen dari penjualan bus kota pada saat yang sama. (riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com