Selasa, 21 Mei 2019 16:36 WIB

Nissan Livina Belum Sanggup Saingi Xpander

Dina Rayanti - detikOto
Nissan Livina. Foto: Ruly Kurniawan Nissan Livina. Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Punya wajah kembar tak menjamin kalau mobil bisa sama-sama laris. Seperti diketahui di Indonesia ada beberapa mobil dengan wajah kembar ditawarkan meski mereknya berbeda. Namun di antara si kembar ada yang laris ada juga yang kurang dilirk.

Misalnya Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Wajahnya yang sama persis bagai pinang dibelah dua, Avanza nyatanya lebih laris dibanding Xenia.


Begitu pula Rush dan Terios. Meluncur di hari yang sama dengan minimnya perbedaan, Rush justru lebih laris. Sedangkan pada model LCGC 7 penumpang, Sigra lebih unggul dari Calya.

Apa yang dialami Xenia, Terios, hingga Calya kini tengah dirasakan Livina berbaju Xpander. Livina yang pada bulan perdananya didistribusikan sebanyak 2.435 unit berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), masuk bulan kedua justru hanya 651 unit. Livina pun tak lagi mengisi daftar 20 mobil terlaris sepanjang April 2019.



Kembaran Livina, Mitsubishi Xpander mencatatkan distribusi hingga lima kali lipat lebih banyak daripada Livina pada bulan keempat tahun 2019. Mitsubishi melaporkan, Xpander terkirim sebanyak 3.572 unit dalam kurun waktu satu bulan.


Livina sendiri baru lahir pada pertengahan Februari 2019. Wajah Livina hingga bentuknya sangat identik dengan Xpander berkat bergabungnya Mitsubishi dengan aliansi Renault-Nissan. Harga Livina dan Xpander pun bersaing walaupun tampangnya luar dan dalam tak berbeda jauh. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com