Selasa, 21 Mei 2019 11:42 WIB

Beli Mobil Bekas Buat Mudik? Ini Tips Biar Dapat Kualitas Terbaik

Akfa Nasrulhak - detikOto
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Fenomena mudik saat lebaran sudah jadi tradisi tahunan di Indonesia. Orang pun banyak yang membeli mobil bekas untuk digunakan mudik ataupun libur lebaran bersama keluarga.

Mobil bekas bisa jadi pilihan untuk memiliki mobil impian karena harganya yang miring. Namun, membeli mobil bekas terkadang ada risikonya, misalnya ada sebagian alat yang sudah tidak berfungsi, atau kondisi mesin yang sudah tidak prima.

Oleh karenanya, kita harus cermat sebelum membelinya agar mobil bekas ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebelum Otolovers akhirnya membeli mobil bekas.


Langkah pertama, untuk menjadi pembeli cerdas, calon pembeli perlu tahu kondisi mobil yang ingin dibeli secara detail. Pengecekan atau inspeksi pada mobil ini penting dilakukan untuk mencegah kerugian di kemudian hari.

Otolovers bisa cek mengenai kelengkapan surat-suratnya, seperti: STNK, BPKB, dan faktur penjualan. Selain itu, yang perlu diperiksa berkaitan dengan fisik mobil, yakni meliputi kondisi eksterior dan interior.

Dari sisi eksterior, bisa diteliti apakah mobil tersebut bekas kecelakaan atau tidak. Perhatikan sealer pintu, cek pilarnya, dan cek bagian kolong apakah ada bekas goresan atau tidak.

Selain itu yang perlu dicek lagi dari bagian eksterior adalah area mesin dan area kaki-kaki seperti shockbreaker, kampas rem, ban, serta kondisi cat di permukaan bodi.
Lanjut ke bagian interior, calon pembeli perlu mengecek kabinnya, apakah mobil bekas terendam banjir atau tidak. Jika pernah kena banjir bau kabin pasti bakal tidak sedap.

Nah, jika calon konsumen memahami betul mengenai kondisi mobil bekas yang akan dibeli, maka setidaknya akan meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari sehingga meski membeli mobil bekas konsumen bisa mendapatkan mobil yang berkualitas atas.

Jika Otolovers tidak ingin repot-repot mengecek kondisi mobil hingga detail, coba beli mobil bekas di situs penjualan online Seva.id. Seva.id menawarkan deretan mobil bekas dengan kualitas premium pilihan expert yang telah diseleksi lebih dahulu oleh inspektor profesional. Jadi tidak perlu repot melakukan pengecekan, apalagi jika pembeli tidak paham betul apa yang harus dicek.

Seva.id menjamin kondisi mobil benar-benar real, baik interior maupun eksterior, sesuai dengan aslinya. Mobil yang ditawarkan juga tidak pernah mengalami tabrakan, tidak pernah terendam banjir, bebas baret, dan warna mobil yang masih orisinal asli pabrik. Dokumen pembelian mobilnya juga lengkap, seperti: bukti servis, buku manual, dan surat-surat mobil asli, serta kelengkapan kunci cadangan.


Nah, bagi yang sudah mantap akan membeli mobil, baik baru maupun bekas, ada program menarik nih. Detikcom bekerja sama dengan Seva.id memberikan kemudahan memiliki kendaraan roda empat BBM (Berkah Beli Mobil) yang hanya ada selama bulan Ramadan 2019.

Dengan mengikuti BBM, pembaca bisa mewujudkan impian membeli mobil idaman tanpa uang muka atau DP. Di program ini, Seva.id bahkan menggratiskan DP mobil hingga Rp 50 juta untuk 5 orang pemenang. Periode promo ini berlaku sejak 14-31 Mei 2019 dan pemenang akan diumumkan pada 18 Juni 2019.

Ayo ikuti program BBM untuk mendapatkan mobil impian dengan segala kemudahannya. Segera daftar di sini. (ega/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com