Jumat, 17 Mei 2019 07:25 WIB

Orang Indonesia Sudah Siap Beli Mobil Terbaik Dunia

Rizki Pratama - detikOto
Jaguar I-Pace. Foto: Dok. Car of The Year Jaguar I-Pace. Foto: Dok. Car of The Year
Jakarta - Mobil listrik Jaguar I-Pace yang meraih kategori paling bergengsi dalam World Car of The Year, Jaguar I-Pace, mengalahkan mobil SUV Audi e-Tron dan Volvo S60/V60. Jaguar I-Pace juga menjadi yang terbaik pada kategori World Green Car dan World Car Design of The Year.

Kehebatan mobil asal Britania Raya tersebut sudah dinantikan oleh orang Indonesia. Negara tetangga, Singapura, bahkan baru beberapa hari ini memasarkan mobil yang juga digunakan oleh Pangeran Inggris.



"Saat ini di JLR (Jaguar Land Rover) mobil listrik yang full adalah I-Pace sisanya hybrid. Singapura baru launching minggu ini juga. Sekarang cukup banyak yang bertanya dan ingin membeli mobilnya tapi sayangnya belum bisa kami jual saat ini," jelas Brand Director PT Wahana Auto Ekamarga (WAE), Jentri Izhar saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dalam kegiatan buka puasa bersama beberapa hari lalu.

Jentri mengatakan saat ini konsumen Indonesia sudah siap menggunakan mobil listrik. Namun hal yang menghambat kedatangan I-Pace adalah kesiapan regulasi dan infrastruktur.

"Kelihatannya pasar Indonesia sudah siap dan tertarik dari sisi konsumen tinggal sekarang seberapa siap pemerintah mendukung itu dengan menyediakan charging station di mana-mana," ungkap Jentri.



Oleh karena itu Jentri tak bisa memastikan kapan mobil itu akan mulai dipasarkan di Indonesia. Meskipun demikian ia mengatakan akan mulai memperkenalkannya untuk uji kecocokan mobil dengan negeri ini.

"Kami masih menunggu kelanjutan dari pemerintah peraturan dan perpajakan yang berlaku. Kita melihat, kita mungkin akan melakukan uji coba dan kita lihat kelayakan mobil ini sendiri untuk pasar Indonesia dan keadaan jalan di Indonesia," pungkas Jentri.

I-Pace adalah mobil listrik murni yang menggunakan baterai ion lithium berkapasitas 90 kWh. Mobil mampu menjelajah sejauh 469 km dengan sekali ngecas penuh. Mobil juga bisa diisi cepat sampai 80 persen selama 40 menit. Jika diisi menggunakan colokan rumah, membutuhkan waktu sekitar 10 jam, jadi harus dicas semalaman. (rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com