Rabu, 15 Mei 2019 14:19 WIB

Daftar Mobil 'Mematikan' saat Kecelakaan di Amerika

Dina Rayanti - detikOto
Crash test Foto: Honda Crash test Foto: Honda
Jakarta - Kejadian fatal pada pengemudi dan penumpang mobil kebanyakan terjadi ketika mengendarai hatchback atau mobil sport. Setikdaknya hal itulah yang banyak ditemui pada pengemudi di Negeri Paman Sam Amerika Serikat dalam sebuah riset oleh studi lembaga otomotif iSeeCars.

Dari beberapa model mobil buatan tahun 2013-2017 yang diriset iSeeCars, lebih dari 25 juta mobil bekas terlibat dalam kecelakaan fatal. Dalam riset tersebut juga ditemukan setidaknya ada 14 model yang mengalami dua kali risiko lebih parah dari model lain ketika mengalami kecelakaan fatal. Mobil apa saja ya?


Mitsubishi Mirage menduduki posisi teratas mobil paling 'mematikan' dengan skor fatalitas 10,2. Di bawah Mirage ada mobil sport Chevrolet Corvette dengan skor 9,8. Mobil mematikan ketiga dalam survei iSeeCars itu diisi oleh Honda Fit atau kalau di Indonesia lebih akrab dikenal dengan Honda Jazz. Skor fatalitas pada Honda Jazz sebesar 7.7.

Mitsubishi Mirage. Mitsubishi Mirage. Foto: Mitsubishi


Kemudian menggenapi lima besar mobil paling mematikan terdapat Kia Forte dan Chevrolet Spark. Masing-masing memiliki skor fatalitas 7.4 dan 7.2.

"Di luar fitur canggih yang tersemat dalam mobil, hasil riset kami menunjukkan kalau mobil kecil masih belum seaman mobil yang ukurannya lebih besar ketika mereka terlibat dalam kecelakaan fatal," ujar CEO iSeeCars Phong Ly dalam keterangannya, Rabu (15/5/2019).


Dalam data tersebut memang mobil yang mengalami kecelakaan fatal didominasi oleh hatchback dan mobil sport. Salah satu alasannya disebut Phong Ly karena mobil-mobil hatchback tersebut tak cukup dibekali fitur keamanan yang mumpuni. Padahal ketika melakoni crash test, rata-rata mobil tersebut diganjar bintang empat dan lima dari Badan Keselamatan Lalu Lintas AS.

Tapi rata-rata mobil hatchback tersebut juga tak lolos dalam uji tabrak yang dilakukan oleh Insurance Institute for Highway Safety (IIHS).


Mirip dengan hatchback, mobil sport kebanyakan tak dibekali fitur keamanan yang mampu melindungi orang di dalamnya. Tapi tidak dengan Dodge Challenger dan Chevrolet Camaro yang dinilai memiliki fitur keamanan canggih seperti forward collision warning, rear-cross traffic, rear parking sensor, dan blind spot monitoring.

Berikut daftar lengkap mobil 'mematikan' berdasarkan hasil survei iSeeCars:
1. Mitsubishi Mirage (10.2)
2. Chevrolet Corvette (9.8)
3. Honda Fit (7.7)
4. Kia Forte (7.4)
5. Chevrolet Spark (7.2)
6. Subaru BRZ (6.9)
7. Nissan 370Z (6.2)
8. Nissan Versa (6.1)
9. Kia Rio (5.9)
10. Dodge Challenger (5.8)
11. Chevrolet Camaro (5.5)
12. Kia Soul (5.3)
13. Hyundai Veloster Turbo (5.2)
14. Nissan Versa Note (5.2) (dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com