Selasa, 14 Mei 2019 10:34 WIB

Pertama di Dunia, Airbag Multi Collision

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Hyundai Foto: Hyundai
Seoul - Untuk pertama kalinya di dunia, Hyundai memperkenalkan piranti keselamatan airbag multi-collision. Airbag ini diklaim Hyundai secara signifikan meningkatkan performa airbag pada saat terjadi bentuaran di kendaraan sebanyak lebih dari satu kali.

Seperti kita ketahui saat ini, airbag sekarang tidak dilengkapi dengan proteksi insiden susulan. Insiden susulan yang dimaksud adalah setelah terjadinya tabrakan pertama, kemudian kendaraan kembali membentur obyek kedua, misalnya pohon, tiang listrik atau kendaraan lain.

Menurut statistik, tiga dari 10 insiden kecelakaan pada umumnya terjadi seperti ini. Dengan menggunakan airbag multi-collision, memungkinkan airbag untuk mengembang secara efektif bahkan setelah insiden benturan susulan terjadi, dengan cara menyesuaikan status dari kendaraan dan penumpang.

Hyundai dalam situsnya mengatakan teknologi ini diharapkan mampu mendeteksi intensitas benturan yang dibutuhkan untuk mengembang sesuai waktu yang tepat, dan umumnya hal ini terjadi setelah benturan kedua.

"Melalui penyempurnaan sistem airbag ini, kami berharap bisa meningkatkan secara signifikan faktor keselamatan pengemudi dan penumpang," ujar Kepala Pusat Teknologi Sasis Hyundai Taessoo Chi.

Sayang Hyundai tidak menyebutkan kapan mereka akan mulai memasang airbag dan di model mana. "Kami akan meneruskan penelitian kami untuk situasi tabrakan yang berbeda sebagai bagian dari komitmen kami untuk memproduksi mobil dengan keamanan yang lebih baik guna mencegah cedera penumpang," ujarnya. (ddn/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed