Minggu, 12 Mei 2019 16:12 WIB

Mantap! Jerman Mulai Tes Jalanan yang Bisa Ngecas Truk Listrik

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Frankfurt - Jerman mulai melakukan pengujian terhadap sistem pengecasan kendaraan listrik. Sistem ini menggunakan semacam kabel listrik yang terbentang di atas jalan raya. Uji coba ini dilakukan pada model truk Scania hybrid.

Melansir The Verge, sistem ini diberi nama eHighway dan dikembangkan oleh perusahaan teknologi, Siemens. Teknologi ehighway bekerja dengan cara menyalurkan daya sebesar DC 670 volt ke batang konduktor truk. Sistem ini hanya akan bekerja di kecepatan kurang dari 90 km/jam.



Saat proses pengisian ulang, truk akan tetap bisa menggunakan motor listriknya sebagai tenaga penggerak. Setelah sampai di ujung ruas jalan yang dialiri listrik, truk dapat mengakhiri pengisian daya dan beralih ke mesin diesel.

Siemens mengklaim bahwa eHighway bisa menghemat biaya bahan bakar sebanyak 20.000 euro atau setara Rp 321,8 juta, dengan kalkulasi jarak tempuh 100.000 km.



Sebagai permulaan, pilot project ini mulai diuji coba di Autobahn, Frankfurt. Uji coba ini direncanakan berjalan hingga tahun 2022, setelah itu penerapan teknologi ini akan diperluas di Jerman.

Sebelumnya, sistem eHighway dari Siemens pernah diujicoba dan didemonstrasikan di Swedia dan California (AS). Namun teknologi yang dipasang agak berbeda, karena sistem transfer dayanya dipasang di jalan raya. (lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed