Sabtu, 11 Mei 2019 08:58 WIB

Mobil Rental Sudah Habis Dipesan Mudik Pada H-14 Lebaran

Ridwan Arifin - detikOto
Armada rental mobil TRAC Foto: TRAC
Jakarta - Hari raya lebaran masih dalam hitungan minggu, mudik menggunakan mobil pribadi masih menjadi pilihan masyarakat RI. Salah satu caranya bisa datang ke penyewaan rental mobil.
Kendati demikian, perlu digaris bawahi bahwa karena permintaan yang tinggi, pun unit kendaraan rental bisa sulit didapatkan apalagi menjelang hari H lebaran.

"Biasanya H-14 sudah habis, makanya tiap tahun pasti kita nambah (unit)," ujar Direktur SERA & TRAC Astra Rent a Car, Hadi Winarto di Jakarta.



Apalagi tol Transjawa kini menjadi akses yang menjadi pilihan utama bagi masyarakat yang hendak pulang ke kampung halaman. Bahkan Balitbang memprediksi 1 juta mobil akan melintasi jalur yang menghubungkan Jakarta hingga Surabaya ini.

Hadi menjelaskan memang tiap musim mudik lebaran, semua unit di perusahaan rental kendaraan yang dipimpinnya selalu kehabisan stok. Apalagi untuk kelas mobil MPV yang bisa memuat penumpang lebih banyak.



"Tahun lalu kami siapkan armada 1000 sampai 1500 khusus untuk lebaran, tahun ini kami siapkan 2000, lebih banyak," ujar Hadi.

"Paling banyak kami sediakan Avanza-Xenia dan Innova, mobil-mobil mudik 7 seater pastinya," ungkap Hadi.

Ia pun mengungkapkan salah satu tradisi pulang kampung menggunakan mobil pribadi menjadi favorit dikarenakan mobilitas yang lebih mudah dilakukan.

"Karena dari dulu orang mudik lebih senang naik mobil, begitu sampai di kota tujuan kan keliling-keliling, silaturahmi butuh kendaraan kan," ujar Hadi. (riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com