Jumat, 10 Mei 2019 16:22 WIB

Industri Otomotif Sambut Positif Rencana Pemindahan Ibu Kota RI

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Setelah sempat menjadi wacana, Pemerintah Republik Indonesia menunjukkan keseriusannya untuk memindahkan ibu kota negara. Kota Palangkaraya di Provinsi Kalimantan Tengah disebut-sebut akan menjadi 'suksesor' DKI Jakarta sebagai ibu kota negara Republik Indonesia.

Rencana itu pun mendapat sambutan positif dari pelaku industri otomotif. Salah satu dukungan itu diungkapkan oleh Astra Daihatsu Motor selaku Agen Pemegang Merek mobil Daihatsu di Indonesia.



"Daihatsu mendukung semua program pemerintah, karena pemerintah pasti sudah memikirkan yang terbaik," ucap Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra, di Head Office Astra Daihatsu Motor, Sunter, Jakarta Utara.

Menurut Amel, pemindahan ibu kota negara RI ke Kalimantan bisa membuat perekonomian nasional merata dan tidak bertumpu pada Jawa. "Pasar sekarang didominasi Jawa, dengan angka 70 persen," kata Amel.



"Mudah mudahan pemindahan ibu kota ke luar Jawa akan lebih meratakan demand, kalau sekarang kan 70 persen di Jawa beban, kalau nanti pindah, ekonomi di daerah bisa berkembang, kami senang saja (dengan kebijakan ini)," pungkas Amel. (lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com