Jumat, 10 Mei 2019 10:51 WIB

Resep Terios Agar Bisa Selaris Daihatsu Xenia

Luthfi Anshori - detikOto
Daihatsu Terios Foto: Luthfi Anshori Daihatsu Terios Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - Terios dan Xenia merupakan varian mobil yang diproduksi PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Kedua model mobil tersebut bermain di segmen yang berbeda, Daihatsu Terios di segmen low SUV, sedang Xenia di segmen low MPV.

Dilihat dari target pasarnya, seharusnya Xenia lebih laris dibanding Terios, tapi tren penjualan di kuartal pertama (Januari-April) 2019 ini menunjukkan fakta yang berbeda.



Seperti data yang dirilis ADM, sepanjang Januari-April 2019, Xenia angka mencatat retail sales 8.566 unit (14,1 persen) dan Terios sedikit unggul dengan angka retail sales 8.698 (14,3 persen). Apa faktor yang membuat Terios unggul atas saudaranya, Xenia?

"Penyebabnya karena model baru, jadi kalau dulu kami jualan Terios itu cuma di angka 1.000-an unit sementara Xenia bisa di angka 2.500-an unit," buka Marketing and CR Division Head PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso kepada wartawan, di Head Office Astra Daihatsu Motor, Sunter, Jakarta Utara, Kamis (9/5/2019).

Dijelaskan Hendrayadi, salah satu faktor yang mendukung larisnya penjualan Daihatsu Terios adalah karena Terios benar-benar mengusung desain yang baru dan fresh, jadi penerimaan konsumen sangat baik terhadap kembaran Toyota Rush tersebut.

"Artinya desain mempengaruhi terhadap penjualan. Begitu major change, (penjualan) Terios menyamai Xenia di angka 2.000-an unit. Padahal dulu Xenia kan dianggap paling tinggi penjualannya," terang Hendrayadi.

Meski sudah penjualannya sudah sangat baik, Daihatsu menolak jika Terios memakan pasar Xenia. "Bukan berarti Xenia kurang baik penjualannya ya, tetapi memang karena si Terios-nya saja yang sudah bisa menyamai level dari Xenia," pungkas Hendrayadi.

Kendati dari retail sales, Terios berhasil mengungguli Xenia, namun dari sisi whole sales (distribusi ke diler) Xenia masih jauh lebih unggul dengan angka 11.149 unit (16,7 persen) berbanding Terios 7.277 unit (10,9 persen).
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com