Rabu, 08 Mei 2019 15:37 WIB

Kalau Mau Dijual Lagi, Nyicil Mobil Sebaiknya Hanya 3 Tahun

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Beberapa orang senang mengganti mobilnya setiap ada model baru yang disuka. Hal itu dapat dilakukan dengan cara menjual kembali mobil yang lama untuk menutupi biaya pembelian mobil baru.

Untuk itu saat melakukan rencana pembiayaan melalui cicilan ada pilihan rentang waktu pelunasan yang ideal agar menguntungkan. Direktur Pemasaran Mandiri Tunas Finance (MTF), Harjanto Tjitohardjojo, mengatakan lama tenor yang ideal untuk mobil yang akan dijual lagi adalah 3 sampai 4 tahun.



"Kita melihat usia kendaraan, kendaraan itu kalau dijual lagi paling bagus usia 3-4 tahun," ujar Harjanto saat ditemui di Jakarta.

Harjanto melanjutkan usia tersebut terbilang harganya masih cukup tinggi dibanding lebih tua dari itu. Sedangkan memilih tenor di bawahnya juga merugikan karena kendaraan masih terlalu baru dan harus rela melepasnya lebih cepat dengan harga di bawah harga baru.

"Karena lewat dari itu lumayan jauh (harganya) kedekatan juga jatuhnya banyak, jadi dia beli kendaraan setahun dijual jatuhnya berasa," jelas Harjanto.



Untuk anda yang senang dengan mengganti mobil seperti ini sebaiknya saat melakukan perjanjian dengan perusahaan pembiayaan memilih kredit yang bunga terendah. Dengan demikian total biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar karena hanya perlu memberikan DP lebih.

"Yang punya cukup uang dan sangat sensitif dengan harga sebaiknya ambil yang DP besar. Mereka sangat sensitif di pricing ia mau bunganya yang murah," pungkas Harjanto. (rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com