Kamis, 02 Mei 2019 20:46 WIB

Xpander Bebas Biaya Servis Hingga 50.000 Km, yang Lain Bagaimana?

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Mitsubishi
Jakarta - Mitsubishi Xpander saat ini tengah gencar melakukan ekspansi untuk mengambil pasar MPV di Tanah Air. Tak hanya soal produk, PT PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) juga menawarkan program aftersales yang diklaim bisa membuat hemat biaya kepemilikan kendaraan ketimbang kompetitor.

"Sejauh ini kompetitor hanya memberikan free jasa, berdasarkan investigasi mystery shopper kita di situ bisa kita lihat di servis pertama dan 10 ribu kilometer konsumen harus mengeluarkan biaya sekitar Rp 720 ribu, untuk membeli spare part," ujar Head of After Sales Marketing & Development Department PT MMKSI, Ronald Reagen di Jakarta, Kamis (02/05/2019).



Biaya tersebut merupakan part yang merujuk pada buku panduan servis Xpander, untuk jarak tempuh 10.000 kilometer yang mencakup biaya jasa dan biaya penggantian oli mesin, filter AC, gasket dan filter oli.

"Kemudian untuk servis berikutnya, 20 dan 30 ribu kilometer kompetitor lain secara kotor harus mengeluarkan Rp 1,5 juta," tambah Ronald.

Sedangkan di 20 ribu kilometer, PT MMKSI menggratiskan biaya jasa dan part seperti penggantian oli mesin, filter AC, gasket, oil filter, cairan aki, water repellent dan chemical.

Pun demikian hingga untuk pemakaian jarak tempuh 40.000 km, pada kilometer ini seperti oli mesin, filter AC, gasket, filter oli, cairan aki, water repellent, chemical, minyak rem, air radiator, dan air cleaner juga diberikan gratis.



Kemudian, untuk pemakaian jarak tempuh 50.000, layanan gratis juga kembali diberikan untuk biaya jasa, oli mesin, filter AC, gasket, filter oli, cairan aki, water repellent, dan chemical.

"Ini 40 dan 50 ribu di kompetitor lain harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 1,7 juta, TCO ini bukan hanya dari sisi biaya servis, tetapi sampai dengan di akhir masa kepemilikan mobil di saat konsumen mau menjual mobilnya, seberapa besar depresiasi yang terjadi," jelas Ronald.

Program servis Xpander ini termasuk dalam paket Smart Gold yang diberikan MMKSI untuk semua pembeli Xpander. Pun tidak hanya soal servis, pemilik kendaraan pun mendapat keuntungan.

"Yang kita berikan bukan hanya sebatas part atau item berkala saja, kendaraan konsumen juga akan kita berikan, antara lain setiap kelipatan 10 ribu, mobil konsumen akan kita ulangi aplikasi water repellent yaitu cairan chemical yang kita aplikasikan ke seluruh body Xpander, sehingga terlindungi dari yang namanya jamur atau bercak noda," ujar Ronald.

"Selain dari sisi produk, dari sisi konsumen itu juga kami berikan asuransi kecelakaan diri. Jadi selama satu tahun mulai dari penyerahan ke konsumen sampai dengan satu tahun ke depan, konsumen beserta keluarganya akan terproteksi oleh personal insurance," kata Ronald (riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com