Selasa, 30 Apr 2019 10:52 WIB

Ada Dua Macam Turbo yang Bisa Digunakan Mobil

Rizki Pratama - detikOto
Mesin turbo di DFSK Glory 560. Foto: Pradita Utama Mesin turbo di DFSK Glory 560. Foto: Pradita Utama
Jakarta - Baru-baru ini sejumlah mobil penumpang segmen di bawah mulai menggunakan mesin turbo. Ternyata mesin turbo yang digunakan oleh mobil harian ini berbeda fungsi dan cara kerjanya dengan mobil sport mewah.

Dua jenis turbo tersebut dijabarkan oleh Taqwa Suryowasono dari Garden Speed Workshop dalam Talkshow DFSK Glory 560 di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Secara garis besar Taqwa mengatakan ada turbo, yaitu untuk power dan ada turbo untuk efisiensi bahan bakar seperti yang digunakan oleh DFSK Glory 560.



"Jadi saya biasa bekerja dengan dyno. Memang ada dua turbo tergantung dari manufaktur bagaimana keputusannya," ujar Taqwa.

Untuk turbo yang bekerja menghasilkan tenaga tinggi akan menunjukkan grafik performa yang perlahan meningkat dari bawah hingga atas. Sedangkan turbo untuk efisiensi akan langsung naik dan perlahan turun.



"Kalau untuk horsepower grafiknya dari nol akan landai di bawah makin ke ujung makin tinggi. Kalau yang ini (DFSK Glory 560) dia langsung ujung 1.800 rpm kemudian naik sedikit baru mulai turun. Di pemakaian mobil dalam kota sangat jarang dipakai di atas 5.000 rpm," papar Taqwa.

Turbo yang ditemukan pada mobil penumpang seperti DFSK Glory 560 dikatakan Taqwa telah terbukti efisien. Bahkan sejumlah perusahaan kini telah mulai mengembangkan dan menggunakan turbo pada produk mereka.

"Di titik tertentu ini sangat efisien, seluruh pabrik berlomba mengembangkan turbo dan silinder yang canggih supaya powernya tinggi tinggi emisi rendah," pungkas Taqwa.


Ada Dua Macam Turbo yang Bisa Digunakan Mobil
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed