Senin, 29 Apr 2019 15:04 WIB

Pakai Mesin dan Komponen Ertiga, Rasa Mobil Carry Berbeda

Ruly Kurniawan - detikOto
Suzuki New Carry Pick Up. Foto: Pradita Utama Suzuki New Carry Pick Up. Foto: Pradita Utama
Jakarta - Beberapa bagian dari Suzuki Carry terbaru diambil dari Ertiga. Satu di antaranya adalah bagian dapur pacu yang memungkinkan pikap legendaris tersebut memiliki kekuatan lebih sangar.

Walau begitu, komponen yang digunakan pada Suzuki Carry memiliki perbedaan sebagaimana dijelaskan Donny Saputra selaku Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Jakarta.



"Mesin misal. Mesin Carry (K15BC) kita kembangkan berdasarkan K15B milik Suzuki Ertiga. Bedanya, beberapa hal disesuaikan seperti piston lebih pendek, penutup kepala silindernya, dan sebagainya. Karena tuntutan mobil komersil berbeda di mana butuh torsi yang lebih besar," ujarnya.

Meski sama-sama berkapasitas 1.462cc, tenaga yang dihasilkan berbeda. Carry memiliki tenaga maksimal 95,6 daya kuda dan torsi 135 Newton meter. Sedangkan, tenaga Ertiga lebih besar, yakni 103,2 dk dan torsi 138 Nm.



"Beberapa bagian fast moving juga ada yang sama dengan Ertiga, tapi banyak juga yang beda. Kita membuat seperti ini agar lebih murah," jelas Donny lagi.

"Saya kurang tahu pasti komponennya, tidak pegang detil komponen itu. Tapi yang bisa dipastikan, servis atau pembelian komponen Suzuki Carry akan lebih murah (karena ada efisiensi tersebut)," lanjutnya.



Tonton juga video Gagahnya si Hitam Suzuki Ertiga Sport:

[Gambas:Video 20detik]

(ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed