Selasa, 23 Apr 2019 17:57 WIB

Serunya Edukasi Safety Driving untuk Milenial

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Rizki Pratama/detikOto Foto: Rizki Pratama/detikOto
Jakarta - Saat ini sudah bukan pemandangan asing lagi remaja-remaja sudah lalu lalang berkendara baik itu sudah memiliki SIM atau belum. Namun masih banyak pula di antara mereka yang masih belum cukup paham bagaimana sebaiknya berperilaku mengemudi yang aman untuknya dan pengguna jalan lain.

Untuk meminimalisir potensi terjadinya kecelakaan berbagai pihak perlu ambil bagian mengedukasi mereka. Berbagai cara bisa dilakukan mulai dari memberikan teori, praktik langsung hingga simulasi seperti yang diselenggarakan oleh PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III melalui program "Safe Ride Saves Hope" di SMKN 1 Jakarta, Selasa (25/4/2019).



"Ini sebenarnya meneruskan program dari tahun lalu. Karena mengevaluasi dari tahun lalu dengan sistem kita mengajak anak-anak melatih langsung dengan motor itu kan kurang, jadi kita bikin cara yang lebih menyenangkan sehingga mereka experiencenya juga merasakan pengalaman langsung dan juga tertanam di benak mereka," ujar Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR III, Dewi Sri Utami.

Dalam kegiatan tersebut setiap siswa akan berlomba dengan mengirimkan satu perwakilan kelasnya untuk menjadi yang terbaik dalam berkendara secara aman dan nyaman di jalan raya. Pemenang pun mendapatkan apresiasi dengan ragam hadiah yang tersedia.



Meski hanya bentuk simulasi, Dewi menjelaskan alat yang digunakan sangat akurat dengan pengalaman berkendara sesungguhnya. Sehingga tanpa resiko yang besar, edukasi keselamatan berkendara bisa diberikan kepada calon pengendara di jalan untuk para siswa tersebut.

"Simulator ini memang mirip jadi kita memang sengaha menggunakan simluator yang biasa digunakan untuk tes orang yang akan lulus safety riding di jalan raya. Di situ orang bisa tau bagaimana kita harusnya di jalan raya, Di situ akan kelihatan skornya. Ini beda dengan main game seperti biasa. Di situ akan kelihatan skornya," pungkas Dewi. (rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com