Sabtu, 20 Apr 2019 07:59 WIB

Mobil Listrik yang Lebih Cepat dari Jet Tempur Mulai Dijual

Ridwan Arifin - detikOto
Pininfarina Batista Foto: Pool (Motortrend) Pininfarina Batista Foto: Pool (Motortrend)
Jakarta - Pininfarina Batista sudah melahirkan mobil hypercar versi full listrik, ia memulai debut pertamanya di Amerika Serikat dalam ajang New York Autoshow 2019. Setelah sebelumnya sudah diperkenalkan pada Geneva Motor Show 2019.

Akselerasi mobil listrik ini diklaim dapat mencapai 180 mil per jam (mph) dalam waktu kurang dari jet F-16. Battista dapat menghasilkan 1.900 tenaga kuda (bhp), tersebar di empat motor terpisah yang memberi daya pada setiap roda.



Bahkan Pininfarina Battista telah digambarkan sebagai mobil jalan-hukum tercepat, mencapai 62 mph (100 km / jam) dalam waktu kurang dari dua detik. Itu menjadikannya mobil jalanan legal tercepat yang pernah dibuat oleh pembuat mobil, bahkan melampaui mobil balap Formula Satu hingga 60 mph.

Berbicara di acara Munich, CEO Automobili Pininfarina Michael Perschke mengatakan untuk alasan keamanan versi mesin terbatas, dengan kecepatan tertinggi 350 kmh (217 mph), akan dirilis terlebih dahulu.

Semua daya dorong itu berasal dari motor listrik yang diberi makan oleh baterai 120 kWh dan harus bagus untuk jarak sekitar 300 mil dengan sekali pengisian daya.



"Mobil ini 0-300 (kmh) lebih cepat daripada F-16 ... Jadi mobil akan dilepas dengan kecepatan tertinggi 350 kilometer (per jam) dan kemudian di luar itu akan ada paket trek khusus." ujar Perschke seperti dikutip CNBC, Jumat (19/04/2019).

150 mobil akan dibangun dan tersedia untuk dikendarai pada tahun 2020. Masing-masing telah dihargai sekitar $ 2,5 juta atau sekitar Rp 35 Miliar. Perschke mengatakan perusahaan ingin sepenuhnya terjual habis setelah pameran mobil Pebble Beach 2019 pada bulan Agustus tahun ini.

"Kami memiliki sekitar 40 persen dari produksi global yang sudah dipesan dan, di AS, mendekati 70 persen," katanya. (riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com