Jumat, 12 Apr 2019 13:19 WIB

Avanza Tak Lagi Jadi Raja Mobil Bekas

Dina Rayanti - detikOto
Avanza model lama Foto: Dina Rayanti Avanza model lama Foto: Dina Rayanti
Jakarta - Persaingan Avanza dan Xpander tidak hanya terjadi di pasar mobil baru. Keduanya juga saling balap-membalap dalam penjualan mobil bekas.

Kalau dulu menjual mobil bekas Avanza bisa untung tapi tidak untuk sekarang. Dominasi Avanza di pasar mobil bekas mulai luntur seiring dengan kedatangan para pesaingnya di segmen Low MPV.



Pesona Avanza kini mulai tergantikan oleh Xpander. Di pasar mobil bekas Xpander juga banyak dicari orang. Bahkan harga jaulnya pun tak jatuh.

"Avanza-Xenia yang tadinya dominan katakanlah 10 sekarang tinggal empat. Calya, Sigra, Mobilio, Xpander itu mendominasi," sebut Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih saat dihubungi detikcom, Jumat (13/4/2019).

"Xpander itu yang teratas Ultimate harga bekasnya bisa Rp 220-230 jutaan," lanjut Herjanto.



Fenomena serupa juga terjadi pada adik Avanza si kembar Calya-Sigra. Harga mobil bekas keduanya pun tak turun jauh dibandingkan banderol harga baru.

Dengan fungsi yang mirip-mirip dengan Avanza, Calya-Sigra perlahan-lahan mulai menggeser sang kakak di penjualan mobil bekas.

"Calya itu bekasnya bisa Rp 120 jutaan. Peminatnya juga banyak untuk taksi online," ungkap Herjanto.

Sebagai informasi, harga Calya paling termahal mencapai Rp 156,4 juta. Jika harga jual kembalinya Rp 120 jutaan maka sang pemilik mobil tak banyak mengalami kerugian.



Tonton video Menjajal Avanza yang Lebih Segar:

[Gambas:Video 20detik]

(dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed