Kamis, 11 Apr 2019 13:20 WIB

Menjelang Pemilu, Belasan Mobil Baru Hiasi Tanah Air

Dina Rayanti - detikOto
Peluncuran Toyota Avanza. Foto: Agung Pambudhy Peluncuran Toyota Avanza. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Memasuki tahun 2019, para pabrikan berlomba-lomba meluncurkan mobil barunya. Hal itu semata-mata dilakukan demi menggairahkan pasar otomotif Tanah Air yang biasanya turun saat masuk tahun pemilu.

Berdasarkan catatan detikcom, belum genap empat bulan sudah ada belasan mobil yang diluncurkan di Indonesia. Modelnya pun macam-macam. Mulai dari Low MPV hingga mobil mewah dengan banderol harga miliaran pun tersaji.


Membuka tahun 2019, Toyota langsung tancap gas. Awal Januari Toyota merilis sedan Camry dengan tampilan serba baru mulai dari eksterior, interior, hingga platformnya telah mengusung TNGA. Menyusul Camry, Toyota akhirnya meluncurkan Avanza versi terbaru. Sekilas tampak Avanza memang tak banyak mendapat ubahan. Namun diklaim Toyota, Avanza lebih sempurna dari wujud luar, dalam, bahkan suspensinya.

Selang beberapa jam setelah Avanza diluncurkan, Daihatsu pun turut mengenalkan Xenia terbaru. Bentuknya tak jauh beda dengan Avanza. Sementara produsen premium Jerman, Mercy, meluncurkan GLA 200 Urban dan E 350 EQ boost.

Berganti ke bulan Februari, peluncuran mobil baru usai. BMW mengawalinya lewat SUV X4. Belum habis sampai di situ, bulan Februari mobil baru bertaburan. Setelah BMW, pertengahan Februari Nissan akhirnya meluncurkan Livina usai delapan tahun tak berganti model. Perubahan Livina memang drastis dari model sebelumnya karena menggunakan platform yang sama dengan Xpander.

Selang dua hari usai Livina diluncurkan, Honda pun tak mau kalah. Dua mobil baru Honda dikenalkan ke hadapan masyarakat Indonesia yaitu Mobilio dan Civic. Fokus utama Honda adalah mempercantik tampilan eksteriornya. BMW juga merilis model X4, dan 3 Series Sport Shadow.

Nissan Livina dan Serena model 2019Nissan Livina dan Serena model 2019 Foto: Nissan



Pada bulan Februari, Suzuki juga melakukan update pada Ertiga tipe GL dan GX. Hyundai juga merilis varian baru Grand Santa Fe di bulan Februari. Wuling juga tak ingin ketinggalan dalam mengenalkan SUV perdananya yaitu Almaz. Peluncuran Almaz sekaligus menutup mobil-mobil baru yang keluar bulan Februari.

Wuling AlmazWuling Almaz Foto: Rifkianto Nugroho


Pertengahan Maret SUV mewah Rolls-Royce Cullinan diboyong langsung dari Inggris. Segmen SUV memang cukup menarik dalam beberapa tahun terakhir.

Rolls-Royce CullinanRolls-Royce Cullinan Foto: Grandyos Zafna


BMW kembali mengenalkan varian terbaru dari X3 sDrive20i. Sedangkan Datsun merilis varian otomatis dari mobil Datsun GO+.

BMW X3 sDrive20iBMW X3 sDrive20i Foto: Dina Rayanti


Persaingan panas di segmen Low MPV pun membuat Suzuki tergerak meluncurkan Ertiga Sport. Ertiga Sport ini sekaligus menjadi varian termahal Low MPV andalan Suzuki itu. Mobil China yang mengelkan SUV bukan hanya Wuling, DFSK juga ikutan.


DFSK mengenalkan adik Glory 580 yaitu Glory 560. Glory 560 pun diprediksi bakal mengikuti persaingan antara Low SUV dan Low MPV karena banderol harga murahnya.

DFSK Glory 560DFSK Glory 560 Foto: Pradita Utama


Porsche Macan menandai usainya peluncuran mobil baru di bulan Maret 2019. Membuka bulan April, mobil baru yang dikenalkan ada Hyundai Kona. Namun Hyundai belum memberikan informasi lebih detail terkait spesifikasi juga harganya.



Tonton video terbaru Otobuzz yang mengulik mobil-mobil di Indonesia berikut ini:

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed