Senin, 08 Apr 2019 16:47 WIB

Hyundai Kona Tantang HR-V, Honda Nilai Wajar

Ruly Kurniawan - detikOto
Hyundai Kona Foto: Ridwan Arifin/detikOto Hyundai Kona Foto: Ridwan Arifin/detikOto
Jakarta - PT Hyundai Mobil Indonesia dalam waktu dekat akan memperkenalkan mobil Sport Utility Vehicle (SUV) bergaya crossover di tanah air, Hyundai Kona. Mobil asal Korea Selatan itu akan langsung bertanding dengan Honda HR-V, Toyota C-HR, hingga Mazda CX-3.

Honda Prospect Motor (HPM) memberikan tanggapan tentang hal tersebut. Menurutnya, langkah yang diambil Hyundai cukup menarik. Dan wajar saja, bila Honda HR-V akan diincar sebagai pesaing Hyundai Kona.

Honda HR-VHonda HR-V Foto: Dok.Honda Prospect Motor



"Saya sih belum lihat mobilnya seperti apa, belum tahu. Tapi karena HR-V adalah market leader di segmen tersebut jadi wajar saja kalau produsen otomotif yang ingin memperkenalkan produk baru membandingkannya dengan HR-V," ungkap Direktur Pemasaran dan Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy kepada detikcom di Jakarta, Senin (8/4/2019).

Jonfis juga mengatakan belum mengetahui secara pasti dampak yang akan dibawa Hyundai Kona terhadap Honda HR-V.

Hyundai Kona sendiri merupakan mobil SUV andalan Hyundai Mobil Indonesia di tanah air. Mobil lebih kompak dibanding Santa Fe dan Tucson yang sebelumnya sudah lebih dulu diperkenalkan di Indonesia.

Mazda CX-3 calon pesaing Hyundai KonaMazda CX-3 calon pesaing Hyundai Kona Foto: Paultan



Berbagai fitur canggih ditawarkan. Tampang Hyundai Kona pun dikatakan lebih agresif dan modern. Bisa dilihat dari bagian depannya yang terlihat lebih ekspresif dan bertenaga serta mengadopsi identitas baru Hyundai, gril yang lebih mengalir. Lampu depan kembar menambah tampilan visual ditambah dengan lampu LED DRL yang berada di atas lampu depan. Garis depan dan belakang yang tegas menambah kesan mobil yang lebih lega dan juga luas.

Hyundai KonaHyundai Kona Foto: Ridwan/detikOto


Belum terungkap bagian interior Kona di Tanah Air, namun diketahui seperti yang sudah diungkap lebih lembut sehingga lebih terkesan sensual dan lembut sementara bagian yang berwarna gelap mencerminkan mobil memiliki karakter garang dan mengusung teknologi mutakhir.

Ada dua pilihan mesin yang ditawarkan Hyundai untuk disematkan pada Kona yakni 1.6 L Turbo dan 2.0 L dengan transmisi automatic yang dikembangkan sendiri oleh Hyundai yakni dual clutch 7 percepatan dan four-wheel drive. Terakhir Hyundai mengatakan mobil berbasis elektrik pun akan menyusul di waktu yang akan datang. (ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com