Senin, 08 Apr 2019 14:41 WIB

Yamaha Tes Mobil Hidrogen

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Yamaha Foto: Yamaha
Wajima - Yamaha tak dikenal sebagai produsen roda dua saja. Produsen berlogo garpu tala itu sudah beberapa kali memamerkan mobil. Namun kali ini Yamaha sudah mulai mengetesnya.

Mobil ini pun tidak memakai bahan bakar minyak seperti biasa, melainkan menggunakan teknologi sel bahan bakar (fuel cell) alias bahan bakar hidrogen. Mobil yang mirip mobil golf itu diberi nama YG-M FC. Yamaha akan mengetes kendaraan ini mulai 18 April 2019 di kota Wajima, Prefektur Ishikawa.



Yamaha mengklaim, prototipe kendaraan hidrogen ini lebih jauh jarak jelajahnya dan lebih pendek proses pengisian bahan bakar hidrogennya.



Jepang memang merupakan salah satu negara yang aktif mengembangkan kendaraan berbahan bakar hidrogen. Dibanding listrik, pengisian hidrogen lebih cepat, kurang dari 5 menit. Sumber hidrogen pun melimpah mulai dari sampah atau air.



Pemerintah Jepang sudah memasang berbagai stasiun pengisian hidrogen di jalanan Jepang untuk mengurangi emisi. Jepang ingin mengurangi emisi sampai 50 persen pada tahun 2050, salah satunya dengan menggunakan kendaraan berbahan bakar hidrogen.


(ddn/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed