Kamis, 04 Apr 2019 08:54 WIB

Kendarai Mobil Saat Macet di Kota Ini Harus Bayar Denda

Rizki Pratama - detikOto
Macet. Foto: CNN Macet. Foto: CNN
New York - Sudah jatuh tertimpa tangga mungkin adalah ungkapan yang paling tepat diberikan kepada warga kota New York, Amerika Serikat. Kota tersebut rencananya akan mengimplementasikan denda kepada pengendara mobil yang terlibat macet di area tertentu.

Dilansir New York Times, semua kendaraan yang melewati Manhattan akan terkena denda jika berada dalam kemacetan. Kota yang padat akan kendaraan itu jelas-jelas akan mengalami kemacetan setiap harinya dan tak akan bisa dihitung dengan jari berapa mobil yang didenda setiap menitnya.



Namun tujuan di balik aturan baru ini sebenarnya adalah untuk mendorong pembangunan infrastruktur tersebut. Rencananya 80% dari uang tersebut akan dialokasikan untuk terowongan bawah tanah dan jaringan bus. Sementara itu 10% lainnya digunakan untuk pembangunan jalur rel di Long Island dan Metro-North.

Sebagai bagian dari program ini, New York juga akan merombak lembaga yang menaungi transportasi darat seperti bus dan subway di kota tersebut.



Setelah New York, beberapa kota berikutnya juga akan mulai menerapkan aturan ini. Sebelumnya aturan ini juga telah berhasil diaplikasikan oleh kota seperti London, Stockholm, dan Singapura.

Program ini tidak hanya mengurangi volume kendaraan di area tertentu, tapi juga penting dalam memberikan pemasukan ke kota untuk pembangunan. Selain itu peredaran emisi udara juga menjadi nilai tambah dalam aturan tersebut.

Sebelumnya aturan ini juga pernah diajukan tahun 2008 lalu oleh walikota New York saat itu, Michael R Bloomberg tapi tak pernah dilaksanakan. (rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com