Sabtu, 30 Mar 2019 11:32 WIB

Pabrikan Otomotif Tiongkok Ingin 'Sleding' Tesla Soal Mobil Listrik

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Produsen otomotif berlomba-lomba untuk bermain di segmen kendaraan listrik. Perusahaan milik Elon Musk diketahui sudah lebih dulu hadir lewat mobil listrik Tesla, namun kabar mengejutkan dari Tiongkok, Evergrande, perusahaan real estate ternama di negeri tirai bambu tersebut mulai beralih ke industri otomotif khususnya memfokuskan diri pada mobil listrik.

Bahkan Chariman Evergrande Group, Hui Ya Kan mengatakan dalam hitungan lima tahun, perusahaan mobil listrik besutannya bakal tumbuh berkembang dan mampu menjadi kekuatan baru untuk menguasai pasar mobil listrik di dunia.


"Evergrande telah memposisikan di seluruh rantai industri kendaraan listrik dan sekarang dipersenjatai dengan teknologi canggih," ucap Hui Ka Yan dikutip dari Bloomberg, Sabtu (30/03/2019).

"Evergrande akan berusaha untuk menjadi grup kendaraan listrik terbesar dan terkuat di dunia dalam tiga hingga lima tahun," tambahnya.


Target bisnis tersebut bisa dikatakan sangat ambisius, Tesla yang sudah 100 persen menjual kendaraan listrik baru mendapatkan untung baru-baru ini. Tak hanya Ellon Musk, BMW misalnya atau kompetitor asal negara aslinya BYD sudah lebih dulu bermain di segmen kendaraan listrik, namun pergerakannya butuh proses dan tidak semudah membalikan tangan.

Evergrande mengatakan akan menggunakan teknologi produksi mobil listrik dari Koenigsegg dan NEVS serta sistem penggerak dari perusahaan Belanda e-Traction.

Walaupun membangun kendaraan listrik bukanlah tugas yang mudah bagi Evergrande, perusahaan memang memiliki sokongan dana di belakangnya, mengingat Hui adalah orang terkaya ketiga di Tiongkok dan total hartanya bernilai hampir $ 40 miliar. (riar/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com