Toyota: 70% Konsumen Habis Test Drive Langsung SPK

Ruly Kurniawan - detikOto
Jumat, 29 Mar 2019 13:52 WIB
Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Era digital tak lantas membuat warga Indonesia malas datang ke diler sebelum membeli sebuah kendaraan, khususnya mobil. Menurut hasil studi PT Toyota-Astra Motor (TAM), orang Indonesia masih suka sekali untuk datang ke diler dan melakukan test drive sebelum memutuskan membeli mobil.

Dewasa ini, akses informasi sangat mudah dan beragam. Membandingkan suatu kendaraan pun memungkinkan guna jadi pertimbangan sebelum membeli kendaraan tersebut. Tapi, meski seperti itu orang Indonesia masih membutuhkan test drive.



"70 persen konsumen yang sudah melakukan test drive itu langsung melakukan SPK (Surat Pemesanan Kendaraan). Sehingga kami ingin memberikan pengalaman yang lebih kepada konsumen terkait hal ini," ucap Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandi di Jakarta, Jumat (29/3/2019).

Dirinya juga menyatakan bahwa test drive menjadi penting karena ada hal yang harus diyakinkan sebelum membeli kendaraan (mobil). Sebab, kendaraan tersebut akan digunakan bertahun-tahun lamanya.

Sejalan dengan pentingnya test drive, TAM membangun area luas khusus yang dinamakan Toyota Driving Experience (TDE). Area yang luasnya hampir sekitar 10.000 m2 ini dirancang agar pelanggan bisa mendapatkan pengalaman pengujian kendaraan Toyota lebih spesifik.

"Biasanya test drive hanya dilakukan di jalan yang terbatas. Kini kita bangun suatu area khusus yang sudah dilengkapi berbagai perlengkapan sehingga memberikan pengalaman yang lebih kompleks dan lengkap," ujar Wakil Presiden Direktur Toyota Astra Motor, Henry Tanoto.



Pada area TDE, konsumen bisa melakukan pengujian diantaranya kenyamanan dan handling mobil, ada trek Smooth Asphalt, bisa ngetes HAC dan torsi awal mobil di trek Slope Hill, area Speed Bumb, U-Turn, Slalom/Zig-zag, hingga parking.

Unit mobil yang disediakan juga tak tanggung-tanggung. Ada Avaza baru, Innova, Sienta, Calya, Alphard, Voxy, C-HR, Yaris, Camry, sampai Toyota 86. Bagi yang berminat, bisa lakukan booking lewat customer service di diler terlebih dahulu (telepon atau kunjungan langsung).

Toyota menghabiskan uang Rp 5,5 miliar untuk fasilitas ini. "Harapannya, konsumen jadi lebih mantap sebelum membeli kendaraan Toyota dan memberikan pengalaman berbeda," ucap Henry.



Simak Juga 'Review Toyota All New Camry: Revolusi Kemewahan Raja Sedan':

[Gambas:Video 20detik]

(ruk/ddn)