Rabu, 27 Mar 2019 14:38 WIB

Jazz Kalah dari Suzuki Baleno, Honda Santai

Ruly Kurniawan - detikOto
Honda Jazz. Foto: Rengga Sancaya Honda Jazz. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Selain mobil keluarga, pertempuran di segmen hatchback juga menarik untuk diamati. Khususnya pada periode awal tahun 2019 ini. Di tengah persaingan sengit perebutan posisi puncak antara Toyota Yaris dan Honda Jazz, ternyata diam-diam Suzuki lewat model Baleno berhasil menyalip keduanya.

Hal tersebut dapat dilihat dari data penjualan wholesales yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Februari 2019. Terlihat, Honda Jazz mengalami penurunan distribusi sampai 437 unit (dari 1.432 unit pada tahun sebelumnya menjadi 986 unit). Sehingga, posisi teratas pada mobil perkotaan sementara dipimpin oleh Suzuki Baleno dengan torehan distribusi 1.239 unit (naik 1.220 unit dibanding bulan sebelumnya). Apa tanggapan Honda?



"Nggak ada masalah ya, kan di segmen itu (hatchback) banyak yang datang dan pergi, selama ini (Jazz) market leader jadi nggak terlalu khawatir cuma penyesuaian saja," tanggap Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy saat ditemui di pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat, Selasa (26/3/2019).

Dirinya juga menjelaskan, pada bulan Februari memang pabrikan otomotif belum maksimal untuk bertanding. Sebab, periode tersebut memiliki masa yang lebih pendek. Belum lagi, ada beberapa strategi guna menyiapkan diri saat masa pemilu pada April mendatang.



"Harus ada penyesuaian, wholesale kan lebih terukur. Gaikindo setuju tahun ini market masih 1 juta unit, jadi kami nggak lihat ada recovery tinggi, mudah-mudahan setelah pemilu bagaimana hasilnya bagus otomatis bisa kami nikmati," kata Jonfis.

Selain Honda, penyesuaian juga dilakukan pihak Toyota pada model Yaris. Di mana ada penurunan distribusi mobil dari 700 unit pada Januari menjadi 306 unit di Februari.


Baleno Berubah dari Model Sedan jadi Hatchback, Tanya Kenapa? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]

(ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com