Selasa, 26 Mar 2019 14:54 WIB

Brio Buatan Karawang Temani Agya di Luar Negeri

Dina Rayanti - detikOto
Ekspor Toyota Agya. Foto: Pradita Utama
Jakarta - Mobil mungil buatan Indonesia rupanya tak hanya ditaksir warganya Tanah Air. Di luar negeri, mobil-mobil mungil buatan Indonesia pun bikin orang luar negeri kepincut. Honda misalnya yang baru saja melakukan seremoni ekspor Brio ke Vietnam dan Filipina.

Honda mengekspor Brio non-LCGC secara utuh untuk pertama kalinya. Seperti diketahui sebelumnya mobil mungil buatan Indonesia yang dikirim ke luar negeri ada Toyota Agya. Di luar negeri, Agya berubah nama menjadi Wigo.



Dalam data distribusi ekspor yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Wigo alias Agya tercatat laris di Filipina, Brunei Darussalam, Guatemala, Honduras, Elsalvador, Kostarika, Peru, Aruba, Curacao, Saint Kitts, Vietnam, Bermuda, Lebanon, Guyana, hingga Bahamas. Sementara Honda Brio akan dikirim ke Vietnam dan Filipina.

"Ekspor perdana All New Brio akan dilakukan ke negara Vietnam dan Filipina. Adapun nilai ekspor tersebut kurang lebih Rp 1 triliun dengan TKDN mencapai 89%. Ini menarik sebab mobil rakitan Indonesia bisa dinikmati dan diminati mancanegara. Bukan hanya di pasar nasional," ujar Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.



Sebelum mengekspor Brio, Honda mengaku telah mendapat permintaan dari masyarakat Vietnam dan Filipina.

"Indonesia memiliki potensi dan ekspektasi besar bagi pasar global. Sehingga lahirlah Brio, Mobilio, dan BR-V. Berbicara tentang Brio, kami banyak sekali menerima permintaan mobil ini dari konsumen di Vietnam dan Filipina," kata President Director PT HPM Takehiro Watanabe.

Adanya ekspor Brio menambah deretan mobil Indonesia yang diekspor ke luar negeri. Sebagai informasi, beberapa mobil buatan Indonesia memang dikirim ke luar negeri. Awal tahun 2019, model mobil buatan Indonesia terbanyak di luar negeri didominasi Mitsubishi Xpander. Biasanya posisi puncak justru diisi oleh Toyota Fortuner yang memang diakui laku keras di negara-negara Timur Tengah.



Tonton juga video Honda Brio, Si Kecil yang Berdaya Tarik Besar:

[Gambas:Video 20detik]

(dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com